Maag Kronis Dapat Menyebabkan Kanker

Hati hati bagi rekan-rekan yang sering mengalami sakit pada bagian perut yang disebabkan oleh Maag. karena ada relasi yang cukup kuat antara sakit Maag dengan Kanker lambung (Stomach Cancer). Menurut penelitian beberapa ahli kesehatan, Maag kronis memang bisa menyebabkan kanker lambung (Stomach Cancer). Salah satu peneliti tersebut adalah Ingrid S. Waspodo, Beliau menyatakan bahwa salah satu penyebab Kanker lambung (Stomach Cancer) adalah Maag yang Kronis.

Sakit Maag disebabkan oleh Tukak lambung, Tukak lambung adalah luka pada lapisan lambung atau usus dua belas jari, Salah satu penyebab dari tukak lambung ini adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri, tetapi tukak atau luka bisa pula disebabkan penggunaan obat- obatan non-steroidal anti-inflammatory agents (NSAIDs) contohnya Aspirin dan obat-obatan sejenis itu.

Salah satu bakteri penyebab tukak lambung adalah H Pylory, Bakteri H pylori sebenarnya bakteri yang tidak tahan asam, namun bakteri jenis ini dapat mengamankan dirinya pada lapisan lambung (lapisan mukosa). Keberadaan bakteri tersebut yang membenamkan dirinya pada lapisan mukosa lambung dapat menyebabkan lapisan lambung melemah dan rapuh sehingga asam lambung dapat menembus bagian tersebut. Dengan demikian, baik asam lambung maupun bakteri melukai lapisan lambung sehingga terbentuk luka atau tukak. Sistem kekebalan tubuh akan merespons infeksi bakteri H pylori tersebut dengan mengirimkan butir-butir darah putih, sel T killer, dan pelawan infeksi lainnya. Namun demikian, semuanya tidak dapat melawan infeksi yang disebabkan bakteri H pylori tersebut sebab tidak dapat mencapai lapisan mukosa lambung, akan tetapi tetapi juga tidak bisa dibuang sehingga respons kekebalan terus meningkat dan tumbuh. Polymorph mati dan mengeluarkan senyawa perusak radikal superoksida pada sel lapisan lambung. Nutrisi ekstra dikirim untuk menguatkan sel butir darah putih dan merupakan sumber nutrisi juga bagi H pylori.
Dalam beberapa hari, gastritis dan bahkan tukak lambung akan terbentuk. Dengan demikian, bisa saja tidak hanya H pylori sendiri penyebab tukak lambung, tetapi inflamasi/peradangan lapisan lambung terjadi sebagai respons terhadap infeksi H pylori.

Para peneliti di Inggris telah menemukan “benang merah” antara infeksi H pylori dan berkembangnya kanker lambung. Usia di atas 45 tahun bagi yang terinfeksi bakteri ini rentan terkena kanker lambung. Alarm seperti perdarahan di dubur, kehilangan berat badan, menderita anemia, sakit kuning, berlatar belakang keluarga penderita kanker lambung, pernah menderita tukak lambung, dan anoreksia patut diwaspadai.
Pada tahun 1994, H pylori disebut sebagai grade 1 carcinogen, karsinogen kelas I oleh WHO, dan hasil riset mutakhir membenarkan peranan H pylori sebagai patogen bagi kanker lambung pada hewan percobaan.

Nah rekan-rekan mulai saat ini kita mesti waspada terhadap yang namanya Maag jangan dianggap enteng, karena ternyata hal tersebut dapat menyebabkan penyakit yang sungguh parah dan berbahaya, mulai saat ini tetap jagalah kesehatan teratur istirahat dan pola makan yang sehat.

(Dari berbagai sumber)

Comments :

55 Comment to “Maag Kronis Dapat Menyebabkan Kanker”
priskilla mengatakan...
on 

sorry .. saya baru umur 15 thn . kata docter maag saya udh kronis . dan radang usus juga ..
katanya juga dingding laambung saya sudah semakin menipis ..
itu semakin parah atau tidak??
bagaimana cara menyembuhkan nya??
apakah dapat menyebabkan kematian??

oh iya.. saya juga pernah buang air kecil dan warna air nya itu kuning pekat ..
dan sdikit kental ..
itu juga kenapa yah??
apakah ada hubungan nya sama lambung saya??

Agil mengatakan...
on 

saudara Priskilla, melihat dari apa yang anda pertanyakan saya tidak berhak menjawabnya sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter yang kompeten di bidangnya dalam hal ini adalah pada dokter bagian Internis, dikarenakan hal-hal yang anda tanyakan tersebut tidak bisa diuga-duga dan diraba-raba. hal-hal tersebut harus ada pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter yang bersangkutan. mengenai urine yang berwarna pekat harus didasari oleh tes yang dilakukan Laboratorium hingga dapat disimpulkan apakah memang ada kaitannya dengan lambung anda atau tidak.
tetaplah optimis jangan pesimis, tetap semangat dan jaga pola hidup sehat.

yuli mengatakan...
on 

apa ciri2 sakit maag yg sudah kronis???
dan bagaimana mengatasinx???

Agil mengatakan...
on 

ciri-ciri maag yang telah akut biasanya adalah menipisnya dinding lambung sehingga apabila asam lambung berlebih menimbulkan rasa sakit karena dapat timbul luka pada lambung. jagalah pola hidup terutama asupan makanan harus selalu diperhatikan.

anya mengatakan...
on 

apa maag yang kronis bisa berakibat kematian untuk kedepannya

Agil mengatakan...
on 

Waduh..masalah kematian kan hanya Tuhan yang tahu, untuk masalah maag yang kronis ada baiknya anda menjaga pola makan yang sehat dan teratur.

beta_rieztha30 mengatakan...
on 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
aRis mengatakan...
on 

kata dokter saya punya maag kronis..
Yang saya alami sekarang setiap saya belum makan kepala saya terasa sangat pusing dan berasa mual-mual..
jika saya sudah makan,,sudah enakan tapi beberapa jam 1 jam atau 2 jam saya merasakan pusing dan mual-mual lagi..
saya mau tanya,,

apakah maag saya semakin parah jadi harus di isi makanan terus??

Agil mengatakan...
on 

Dear Aris, Itu kemungkinan disebabkan karena kondisi lambung yang tidak stabil, karena penyakit maag tersebut menyebabkan produksi asam lambung yang berlebih sehingga menjadikan kondisi lambung yang tidak stabil, bila dibiarkan hal ini dapat menjadi lebih parah, segera konsultasikan dengan dokter yang bersangkutan.

bella mengatakan...
on 

sorry mau tanya juga nih, kalo seandainya saya belum taupenyakit apa, tapi saya itu ngerasa mual sama pusing, makanan apa pun yng saya makan terasa pait dan akibat nya mual kambuh lagi. kira kira itu bisa disebut maag ga ya?

iLLaN'k in The Zone mengatakan...
on 

Assalamu Alaikum,.. saya penderita pnyakit maag,. pa bener ga sih., klo maag dapat mengkibatkn penyakit jantung.., coz., klo maag aq kambuh tiba2 aq rasa lemah dan jantung berdebar debar begitu kencang,kluar kringat, kaki dingin., tpi aneh sy ga mrakasan skit pada lambung, cman trasah penuh dan berat.., ( Cara pengobatanx jg gmana ??? ) Terimah kasih sbelumx....

Florida mengatakan...
on 

Saya juga pernah mengalami mag kronis, sayangnya saya paling enggan pergi ke dokter. Saya selalu konsumsi antasida sampe dosis yang tinggi. Takut juga siy sebenernya, abisnya dulu dokter jg cuma kasih Po**crol forte.
Tapi keluhan itu sekarang sudah hilang setelah minum suplemen herbal Xamthone plus jus manggis. Xamthone memperbaiki fungsi lambung saya. Thanks God! Boleh nanya saya deh untuk info lengkapnya...

Ratu_red mengatakan...
on 

" Saya baru keluar opname 7hari,semula saya kira karna haid yang g lancar,turun peranakan,dan angin duduk, tp dokter menyatakan maag kronis campur angin jd sakitnya sampai saya g bisa tdr terlentang karna g bisa nafas dan kondisi sangat buruk,dari itu saya menjaga pola makan .Semoga pengalaman saya bisa membantu tmen2 senasib n seperjuangan :)

Karunia mengatakan...
on 

Sakit maag saya sudah hampir sepuluh tahun. Biasanya tiap bulan puasa sembuh, karena makan teratur. Namun, tahun ini justru semakin parah. Tiap habis berbuka atau sahur, perut saya justru sakit sekali dan baru reda beberapa jam kemudian. Selain itu, nafas saya juga terasa sesak seolah lambung telah mendesak jantung. Lambung rasanya berdenyut-denyut. Saya takut ini pertanda maag sudah menjadi kanker. Mohon masukannya...

hamba allah mengatakan...
on 

asslkm.... saya juga mengalami penyakit maag kira-kira sudah 5tahun-nan gitulah. terasa sakit bila saat tidur, bila sudah makan juga terasa sakit dan mual-mual. apakah maag say sudah parah ataukah gimana yah?




mohon info lebih lanjutnya yah....

Agil mengatakan...
on 

Dear hamba Allah, Waalaikumsalam, bila memang yang anda rasakan seperti itu, berarti maag anda sudah cukup parah, ada baiknya anda berkonsultasi dengan Dokter yang kompeten di bidangnya. Karena sangat bijaksana apabila kita mewaspadai hal-hal seperti itu, untuk menjaga hal yang tidak diinginkan.

Anonim mengatakan...
on 

untuk yang menderita maag dan enggan pergi ke dokter, konsumsi saja madu dan habbatusauda. Insya Allah manjur. mengkonsumsi obat-obatan bisa merusak ginjal.

nana mengatakan...
on 

assalamualaikum,maaf mau tanya klo mag kronisnya udh sampe muntah darah kira2 masih bisa sembuh ga ya??

Agil mengatakan...
on 

Dear Nana, Waalaikumsallam, kesembuhan itu berasal dari Allah SWT manusia hanya bisa berusaha, Allah Menurunkan penyakit beserta Obatnya bukan? bila yang anda alami adalah maag sampai muntah darah seperti itu segeralah rubah pola hidup menjadi pola hidup yang sehat, seperti stop merokok dan kurangi makanan berminyak serta berkonsultasilah dengan Dokter yang ahli dibidangnya, Insyaallah bisa sembuh.

novi mengatakan...
on 

kata dokter saya mengalami magh kronis dan perut sampai dada terasa nyeri sekali badan lemaz dam gmtr trus bagaimana gara mengobati penyakit ini

didin mengatakan...
on 

bahaya juga...yach..............

Redita mengatakan...
on 

Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,jantung,stroke,aids,miom,asma,keputihan,maag,ambeyen,kanker,diabetes,hipertensi,leukimia dsb secara alami,tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 dan 08121033414

fuad mengatakan...
on 

saya punya teman mengidap penyakit maag kronis. teman saya sering pusing dan pingsan.
apakah penyakit maag kronis jg menyerang kepala?

fuad mengatakan...
on 

tolong di jawab.

Agil mengatakan...
on 

Dear Fuad, seperti kita ketahui penyakit maag itu menyerang lambung bukan kepala.

chakwa mengatakan...
on 

apakah umur remaja tidak mengalaminya ?

Agil mengatakan...
on 

Dear Chakwa,
maag yang kronis tidak tergantung dari faktor usia, usia remaja maupun usia lanjut dapat mengalami maag kronis tergantung dari pola makan teratur dan pola hidup sehat masing-masing individu.

Anonim mengatakan...
on 

klo untuk maag kronis bisa menyebabkan kematian... klo ngasih info jangan setengah2...

Agil mengatakan...
on 

Dear Anonim,
Saya kira tulisan artikel ini dibuat hanya untuk sekedar share saja, bukan untuk dijadikan sumber informasi yang lengkap dan akurat. Bila menginginkan informasi yang akurat dan lengkap anda bisa menghubungi balai kesehatan terdekat di kota anda.
Disamping itu pula Maag Kronis belum tentu bisa menyebabkan kematian. karena mati dan hidup seseorang itu bukan kita yang menentukannya.
Terimakasih sudah berkunjung

Anonim mengatakan...
on 

saat ini istri saya sedang dirawat karena sakit maag.kemarin sempet muntah darah pekat..sampai sekarang masih terasa sakit perut dan mual..saat sekerang istri saya dalam keadaan mengandung 5 bulan..apakah penyembuhan dengan obat-obatan mempengaruhi janin dalam kandungan?tindakan medis untuk penderita maag kronis itu tidak aday? misalakan penambalan pada lambung, atau operasi dll..mohon saranya kawan2

Agil mengatakan...
on 

Dear Anonim,
penggunaan obat-obatan kimiawi secara berkesinambungan tentu saja dapat mempengaruhi janin, namun jangan khawatir bila pemberian obat-obatab tersebut dilakukan atas dasar resep dan dosis yang dianjurkan oleh dokter.
Tindakan medis terhadap penderita Maag kronis tentu saja ada, namun hal tersebut tergantung dari kondisi dari si penderita, apakah perlu tindak lanjut lebih jauh atau hanya diberikan obat-obatan saja.
alangkah lebih bijak apabila Dear Anonim berkonsultasi dengan Dokter yang ahli dibidangnya, dan coba untuk lebih kritis dalam bertanya secara langsung. Insyaallah semua ada jalan terbaiknya.
Terimakasih sudah berkunjung.

Anonim mengatakan...
on 

Mau Tanya sebelumnya saya gak tau maag itu seperti apa, hingga pernah saya prgi berobat dokter hanya bilang maag aja, nah ketika saya tanya ma orang kesehatan ternyata dbilang maag kronis koq bisa yua, maag biasa aja saya kurang tau tiba-tiba dah ada indikasi maag kronis nanti kata nya menjalar ke akut apa iya seperti it??/...terima kasih

yahya mengatakan...
on 

kunjungan pertama nieh.

welcome in my blog mengatakan...
on 

saya di vonis dokter pnya penyakit infeksi lambung,,ap itu termasuk penyakit maag akut?
co saya perawat,,dy blang itu udah maag akut,,
dan apakah itu termasuk juga kanker lambung
tlong jelasin via email

klibragirl@yahoo.com

Rendy mengatakan...
on 

kalau maag berbercak putih itu namanya apa yah ?? apa itu juga dapat menyebabkn kanker lambung ?

rosna dewi mengatakan...
on 

untuk pengobatan penderita maag menggunakan bahan alami seperti buah mengkudu bisa dan aman ngak ya?saya pernah denger buah mengkudu yang dijus dan di minum sarinya bisa menyembuhkan maag

Anonim mengatakan...
on 

dko mav ya
knp prt saya srg sakit,mual jg,trz saya srg tekan perut saya,sampe terasa bagt,kir2 ada efeknya g??????

Anonim mengatakan...
on 

saya mau tanya.,
kenapa apabila saya terlambat makan 1 atau 2 jam saja perut saya terasa sakit dan kepala sayang pusing2.,
apakah akan semakin parah.,??
terima kasih

Anonim mengatakan...
on 

saya adalah anak dr seorang ibu.ibu saya sampai saat ini saya rawat setiap obat sudah habis ibu saya mengejar2 untuk minta dibawa ke dr.untuk diperiksa.sakitnya memang beberapa usus yang luka. karena tidak kuat menahan sakitnya mohon untuk diberikan solusinya obat penyembuan supaya tidak bentar2 merasakan sakitnya. trimakasih sebelumnya

Agha mengatakan...
on 

maag kronis bisa menyebabkan kematian ??
serem jugaa yaa ..
obat yg bisa nyembuhin sakit maag tu apa yaa ?
jujur saya nganggap penyakit maag tu , penyakit biasaa , ternyataa ..

dirahasiakan mengatakan...
on 

saya mau tanya, apakah umur 22 tahun bisa terkena kanker lambung, jika dia menderita maag kronis? dan kalau orang yang sakit maag kronis mengkonsumsi rokok dan minuman beralkohol apakah itu akan mempercepat pada kanker lambung?? dan adakah obat yang bisa menyembuhkan sakit maag kronis secara total????? karena saya tidak mau kehilang seseorang yang saya sayang, tolong kasih saya jawaban secepatnya, terima kasih...

yanie mengatakan...
on 

saya mau tanya suami suka mual-mual terus kalo di isi makanan pasti muntah kata dokter si maag .di bawah dada suka sakit terus batuk -batuk gk sembuh -sembuh padahal sudah 3 kali ke dokter apa obat yang cocok ya semua obat maag sudah di coba tp gk ada hasilnya mohon jawabanya terima kasih

dian mengatakan...
on 

untuk ibu yani.....coba deh propolis,tmenku maag kronis dah nyoba itu n skrng da mndingan
coba searching dulu di internet ttg propolis...klo ga coba mnum perasan kunyit 1 batang stiap pagi sebelum mkan....insya Allah mudah2an sembuh....

Anonim mengatakan...
on 

kata dokter, maag saya sudah akut
akhir akhir ini kerja jantung saya gak stabil, badan lemes, sering pingsan juga,dada saya sesak sekali
saya sudah mencoba berbagai jenis obat, tetapi tetap saja seperti itu
bahkan lebih parah
ada yg bisa bantu kasih solusi buat saya???
terimakasih sebelumnya

LILIL mengatakan...
on 

permisi, saaya boleh nanya', saya sebenarnya gak tau sakit apa yg saya alami ini . saya waktu hari sabtu lg menstruasi. waktu itu saya juga ga makan seharian penuh . keesokan harinya saya bangun tidur mual-mual dan di sertai muntah . jantung saya berdebar, perut serasa di tekan-tekan, kadang juga merasakan perih . dada saya juga nyeri ksang di sebelah kiri juga kadang di sebelah kanan . saya juga kadang sesak nafas . perut saya juga kadang seperti kosong. untuk makan sedikit saja saya sudah merasa sangat kenyang . perut saya juga terkadang nyeri sekali . apa saya mengalami maag kronis ?

obatmaag mengatakan...
on 

makasih infonya..

maagkronis mengatakan...
on 

bermanfaat sekali artikelnya

tradisional mengatakan...
on 

info yang bagus

kronis mengatakan...
on 

thanks..

daun sirsak obat kanker mengatakan...
on 

info yang menarik :)
terimakasih gan :)

Anonim mengatakan...
on 

saya pernah mengalami sakit maag yang parah sehingga melukai usus. saya rutin minum larutan kunyit dan madu, hanya beberapa bulan, saya bisa sembuh. Alhamdulillah. Bagi yang sakit maag coba aja minum larutan kunyit sama madu, diminum ruitn 2 kali sehari, thx

S.Arumdiaty N.F mengatakan...
on 

Saya punya teman, dia cerita kalau dokter mengatakan teman saya ususnya tipis & ada radang di ususnya.. itu disebabkan karena apa & akibat ke depannya bagaimana? apa bisa sampai kanker? sama atau tidak dengan maag kronis? cara penyembuhannya bagaimana? terima kasih

Tedi Supriyadi mengatakan...
on 

ya hati-hati dan seringlah memeperhatikan asupan makanan maupunkinuman yang masuk ke dalam tubuh

Kaos Kata mengatakan...
on 

Waah saya baru tau ternyata maag yang kronis bisa menjadi penyebab kanker... nice info nih gan...

darmawan awan mengatakan...
on 

selamat siang, gan saya mau tanya,,,
istri saya sudah setahun sakit maag kronis, dan saya sudah coba berbagai macam obat baik dari yang murah sampai mahal pun tidak ngepek sama sekali mungkin agan2 disini tau obat yang bagus buat maag istri saya apa, cuma ada 1 jalan yang belum saya coba yaitu dengan terapi cuma saya bingung dan takut apakah terapi itu bisa dan aman untuk mengobati maag..mohon bangt bantuannya ya agan agan terima kasih.

Poskan Komentar

 

Readers

Facebook Reader

Check PageRank
Add to Technorati Favorites


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?