William Shakespeare 1564-1616


Penyair besar Inggris, William Shakespeare dilahirkan tahun 1564 di Stratford on Avon, Inggris. Kehidupan masa kecil dan Pendidikan dasar yang ia peroleh cukup lumayan akan tetapi ia tidak sampai pada pendidikan tingkat perguruan tinggi. Hal ini disebabkan karena ia menikah diusia yang sangat muda, ia menikah pada usia 18 tahun (ketika itu usia istrinya adalah 26 tahun). Perkawinannya dengan wanita yang usianya lebih tua ini dikaruniai tiga orang anak, pada saat itu usianya belum genap mencapai 21 tahun.

Perjalanan karier dari Shakespeare ini dimulai ketika ia pergi ke London beberapa tahun setelah kelahiran anak ketiganya, di London ia menjadi anak panggung dan penulis drama, hal ini terus ia lakukan tanpa lelah hingga usianya menginjak usia 30 tahun barulah cahaya keberhasilan mulai bersinar. Dan tatkala usianya menginjak 34 tahun Shakespeare sudah menjadi orang yang kaya dan dianggap penulis drama Inggris terkemuka pada saat itu. Waktu terus berjalan hingga Sepuluh tahun kemudian, dia sudah membuahkan karya-karya besar seperti Julius Caesar, Hamlet, Othello, Macbeth dan King Lear. Sungguh suatu prestasi yang sangat luar biasa dari seorang Shakespeare. Selama kurang lebih 20 tahun merintis karier di London istrinya tetap setia tinggal di Stratford.

Rentang usia Shakespeare cukup singkat ia menghembuskan nafas terakhirnya di tahun 1616 pada usia 52 tahun. Namun dalam rentang usia yang cukup singkat tersebut tangan dingin seorang Shakespeare mampu menciptakan berbagai drama terkenal yang jumlahnya kurang lebih ada 38 termasuk beberapa drama kecil yang pada pembuatannya mungkin ia bekerjasama dengan orang lain, bukan saja drama yang mampu ia ciptakan namun Shakespeare juga menulis 154 sonata dan 3 atau 4 sajak-sajak yang cukup panjang.

Karya-karya Shakespeare begitu abadi, karyanya begitu dihargai oleh para ahli sastra bahkan generasi-generasi penulis drama mempelajari karyanya dan mencoba menirunya atau bahkan mengunggulinya,. Karya-karya Shakespeare secara langsung ataupun tidak mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi kemajuan budaya umat manusia



Comments :

1
Manumpil Rivai mengatakan...
on 

mantap

Poskan Komentar

 

Readers

Facebook Reader

Check PageRank
Add to Technorati Favorites


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?