Sniper (Penembak Runduk)

Sniper (Penembak Runduk) adalah suatu istilah Militer pada unit tempur yang menspesialisasikan penyerangan dari posisi yang tersembunyi dan dari jarak yang lebih jauh daripada unit infanteri (darat) lainnya. Seorang Sniper Wajib memiliki keahlian menembak, menyamar/kamuflase, dan skill di lapangan (bertahan hidup di alam terbuka). Pada Perkembangannya saat ini Seorang Sniper telah dilengkapi dengan kemajuan teknologi, selain dari kemampuan si penembak itu sendiri dan Hal yang mungkin cukup signifikan pada perkembangan sniper adalah digunakannya tandem/partner dalam satu tim sniper. Pelatihan para sniper inipun menggunakan partner yang tugasnya mengukur kelembaban udara, jarak, kecepatan angin, memperkirakan kemiringan sudut tembak, dll. Kemampuan ini tentunya tidak kalah sulitnya dengan si penembak, ia harus bisa menghitung dan mengkalkulasikan segalanya dengan secepat dan seakurat mungkin. Kerjasama dan kekompakan sangat memegang kunci dalam keberhasilan tim ini. Selain hal tersebut, yang dipelajari seorang sniper adalah meliputi bagian-bagian tubuh manusia (anatomi tubuh) layaknya seorang dokter namun perbedaannya bila seorang dokter mempelajari bagian tubuh manusia (anatomi tubuh) untuk menyelamatkan nyawa sedangkan seorang sniper mempelajari anatomi tubuh manusia untuk mencederai bahkan menghilangkan nyawa manusia, pelajaran ini meliputi bagian tubuh mana di saat posisi tertentu yang menimbulkan kerugian yang paling diinginkan dalam misinya (mencederai, atau membunuh), penempatan posisi tembaknya, relokasi, dan teknik sound-masking yang menggunakan bantuan noise suppressor, yang biasanya dilakukan oleh sniper-sniper mahir

Orang awam kebanyakan cenderung menyamaratakan antara Sniper (penembak runduk) dengan Penembak Jitu (marksman, sharpshooter, atau designated marksman) padahal keduanya memiliki karakter dan perbedaan tersendiri. Beberapa doktrin membedakan antara penembak runduk (sniper) dengan penembak jitu (marksman, sharpshooter, atau designated marksman). Sniper terlatih sebagai ahli stealth dan kamuflase, sedangkan penembak jitu tidak. Sniper merupakan bagian terpisah dari regu infanteri, yang juga berfungsi sebagai pengintai, oleh karena perannya yang juga sebagai pengintai maka seorang Sniper dapat memberikan informasi-informasi lapangan yang sangat berharga, Sniper juga memiliki efek psikologis terhadap musuh. Sedangkan penembak jitu berperan hanya untuk memperpanjang jarak jangkauan penyerangan pada tingkat regu saja.

Penembak jitu umumnya memiliki jangkauan sampai 800 meter saja, sedangkan Sniper bisa sampai 1500 meter atau lebih. Ini dikarenakan sniper pada umumnya menggunakan senapan runduk bolt-action khusus yang dibuat hanya untuk mendukung misi seorang Sniper, sedangkan penembak jitu menggunakan senapan semi-otomatis, yang biasanya berupa senapan tempur atau senapan serbu yang dimodifikasi dan ditambah teleskop.
Sniper telah mendapatkan pelatihan khusus untuk menguasai teknik bersembunyi, pemakaian kamuflase, keahlian pengintaian dan pengamatan, serta kemampuan infiltrasi garis depan. Ini membuat sniper memiliki peran yang sangat strategis yang tidak dimiliki penembak jitu. Sniper merupakan Unit Tempur Elite dalam militer karena kemampuan-kemampuan khusus yang dimilikinya tidak dimiliki oleh unit tempur lain.

Hingga kini, jarak tembakan terjauh yang pernah dilakukan oleh seorang sniper adalah 2.430 m oleh Kopral Rob Furlong dari Canadian Light Infantry di Afghanistan pada Maret 2002 saat ia menjalani Operasi Annaconda.Ia menggunakan senapan mesin Kaliber 50 (12.7 mm) McMilllan TAC-50 Bolt-action riffle. Rekor lainnya yang tercatat jauh sebelumnya, yaitu pada perang Vietnam tahun 1967 oleh Sniper U.S. Marine, Carlos Hathcock dengan jarak 2.287 m dengan menggunakan senapan Browning M2.

seiring perkembangan teknologi senjata dan perlengkapan Sniper tidak hanya untuk mengeliminasi target manusia tetapi juga pada target target material seperti Tank, Helicopter, dan kendaraan-kendaraan tempur lainnya.

berikut beberapa senjata yang digunakan oleh Sniper dan penembak jitu dari masa ke masa :

K31 Karabiner Buatan Jerman


Lee Enfield Buatan Inggris


M1 Garand Buatan Amerika


Mosin Nagant Buatan Rusia


Zastava M76 BUatan Yugoslavia


SVD Dragunov Buatan Rusia


RT20
RT20 Anti Material Buatan Kroasia




(dari berbagai sumber)


Comments :

0 Comment to “Sniper (Penembak Runduk)”

Poskan Komentar

 

Readers

Facebook Reader

Check PageRank
Add to Technorati Favorites


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?