Jembatan Rama Ternyata Ada dan Nyata

Dalam masa pengasingannya di hutan, Rama dan Lakshmana bertemu dengan berbagai raksasa, termasuk Surpanaka. Karena Surpanaka bernafsu dengan Rama dan Lakshmana, hidungnya terluka oleh pedang Lakshmana. Surpanaka mengadu kepada Rahwana bahwa ia dianiyaya. Rahwana menjadi marah dan berniat membalas dendam. Ia menuju ke tempat Rama dan Lakshmana kemudian dengan tipu muslihat, ia menculik Shinta, istri Sang Rama. Dalam usaha penculikannya, Jatayu berusaha menolong namun tidak berhasil sehingga ia gugur.

Rama yang mengetahui istrinya diculik mencari Rahwana ke Kerajaan Alengka atas petunjuk Jatayu. Dalam perjalanan, ia bertemu dengan Sugriwa, Sang Raja Kiskindha. Atas bantuan Sang Rama, Sugriwa berhasil merebut kerajaan dari kekuasaan kakaknya, Subali. Untuk membalas jasa, Sugriwa bersekutu dengan Sang Rama untuk menggempur Alengka. Dengan dibantu Hanuman dan ribuan Wanara, mereka menyeberangi lautan dengan cara membuat jembatan dari batu-batu dan pasir yang dibangun oleh para Wanara dan kemudian menggempur Alengka.

Rahwana yang tahu kerajaannya diserbu, mengutus para sekutunya termasuk puteranya Indrajit untuk menggempur balik pasukan Rama. Nasihat Wibisana (adiknya) diabaikan dan ia malah diusir. Akhirnya Wibisana memihak Rama. Indrajit melepas senjata Nagapasa yang sungguh dahsyat dan memperoleh kemenangan, namun tidak lama. Ia gugur di tangan Lakshmana. Setelah sekutu dan para patihnya gugur satu persatu, Rahwana akhirnya tampil ke medan pertempuran dan pertarungan berlangsung sengit. Dengan senjata panah Brahmāstra yang sakti yang dilepaskan Rama akhirnya Rawana-pun gugur sebagai ksatria. Setelah Rahwana gugur, tahta Kerajaan Alengka diserahkan kepada Wibisana. Shinta kembali ke pangkuan Rama setelah kesuciannya diuji. Rama, Shinta, dan Lakshmana pulang ke Ayodhya dengan selamat. Hanuman menyerahkan dirinya bulat-bulat untuk mengabdi kepada Rama. Ketika sampai di Ayodhya, Bharata menyambut mereka dengan takzim dan menyerahkan tahta kepada Rama.

Begitulah sepenggal cerita Ramayana yang sangat terkenal. Ramayana berasal dari bahasa Sansekerta yang berasal dari kata Rāma dan Ayaṇa yang berarti "Perjalanan Rama", kisah ini adalah sebuah cerita epos dari India yang digubah oleh Walmiki (Valmiki) atau Balmiki. Ada yang menarik mengenai kisah Ramayana ini, karena dipercaya kisah ini merupakan kisah yang nyata dari masa lalu, menyebar dan berkembang karena diceritakan turun-temurun. Mengapa hal ini disebut sebagai kisah nyata karena jembatan sebagai sarana menyebrang ke Negara Alengka telah ditemukan, Negara Alengka sendiri dipercaya adalah Srilanka sekarang. Adam Bridge atau Rama Bridge begitulah sebutan bagi jembatan ini dan merupakan salah satu tempat yang sangat misterius. Menurut kepercayaan India jembatan ini dibangun dengan menggunakan batu dan pasir apung, namun para Dewa mengatakan dikemudian hari bebatuan tersebut akan menancap ke dasar laut, yang akhirnya menciptakan rangkaian batu karang yang panjang. Jembatan purba misterius ini membentang sepanjang 18 mil (30 Km) di Selat Palk yang menghubungkan antara Pamban Island (India) dan
Manand Island (Srilanka), Lengkungan jembatan yang unik serta komposisi alamiahnya seakan-akan buatan tangan manusia. Jembatan ini diperkirakan telah berumur 1.000.000 tahun lebih menurut para ahli. Citra dari Rama Brige sendiri sangat mudah terlihat dari atas permukaan air laut karena letaknya yang tidak terlalu dalam, yaitu hanya tergenang sedalam kira-kira 1,2 meter (jika air laut sedang surut). Status dari jembatan tersebut sebenarnya masih merupakan misteri hingga saat ini, namun menurut tafsiran para ahli, diperkirakan mungkin Rama Bridge sangat erat kaitannya dengan Epos terkenal India, Ramayana. Dan hal ini memang banyak dipercayai oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

Srilanka Archeology Department telah mengeluarkan suatu statement yang
menyebutkan usia Rama Bridge mungkin berkisar diantara 1.000.000 hingga 2.000.000 tahun, namun apakah jembatan ini benar-benar terbentuk secara alami ataukah merupakan suatu mahakarya manusia hal itu belum bisa mereka terangkan. S.U.Deraniyagala, Direktur Jenderal Arkeologi Srilanka yang juga merupakan pengarang buku "Early Man and the Rise of Civilization in Sri Lanka: the Archaeological Evidence" mengatakan bahwa peradaban manusia telah muncul di Kaki Gunung Himalaya sekitar 2.000.000 tahun silam, walaupun menurut para sejarawan peradaban paling awal didaratan India adalah peradaban Bangsa Ca, hal itu bukan merupakan suatu jaminan bahwa terdapat peradaban yang lebih tua lagi dari mereka sebelumnya. Para sarjana dan para peneliti menafsirkan bahwa mungkin jembatan purba ini dibangun setelah daratan Srilanka terpisah dari India jutaan tahun silam.

Epos Ramayana sendiri, menurut Kalender Hindu seharusnya berada pada masa Tredha Yuga (menurut cakram masa evolusi hindu) cakram Hinduism tentang Epos tersebut terbagi pada masa Sathya (1.728.000 tahun), Tredha (1.296.000 tahun), Dwapara (8.64.000 tahun) dan Kali (4.32.000 tahun). Tahap sekarang menurut kalender mereka ialah Kali. Berarti menurut Epos tersebut, usia dari Rama Bridge berkisar 1.700.000 tahun. Namun menurut hasil penelitian dari Universitas Bharathidasan, Tiruchi, yang dipimpin oleh Prof. S.M. Ramasamy mengatakan usia jembatan Rama ini baru berusia 3.500 tahun yang lalu.

(Dari Berbagai sumber)



Comments :

12 Comment to “Jembatan Rama Ternyata Ada dan Nyata”
Anonim mengatakan...
on 

waw.... keren bangetz... pengen nengok langsng seh prasaan... heheh

Anonim mengatakan...
on 

amazing.....!!!wah2..sya bner2 takjub mlhat keajaiban rama brige ney.

Anonim mengatakan...
on 

kpn yach...dpat ksna?
pengen foto2..

Anonim mengatakan...
on 

salut buat penemunya ..

Anonim mengatakan...
on 

menurut kepercayaan agama hindu jembatan itu memang ada spt cerita dalam legenda ramayana

Anonim mengatakan...
on 

ternya cerita tetang ramayana itu nyta........saya sebagai agama hindu merasa banga dengan para leluhur.. hyang batara ,,,pra dewa dantentunya idasang hyang widhi waca

Anonim mengatakan...
on 

so amazing, seharusnya itu jd salah satu keajaiban dunia.....

nia yulianti mengatakan...
on 

kalo aku yakin dengan apa yg kita lihat itu semua kehendak yg kuasa segala sesuatu yg di kehendakiNYA pasti akan terwujud walaupun di luar logika

Anonim mengatakan...
on 

wah,, ternyata Rama membelah samudra India menjadi dua....

sularso mengatakan...
on 

pengen ke sana

Ridho RAm GanyMeda mengatakan...
on 

indah

Anonim mengatakan...
on 

maha karta yg indah dan menakjubkan.....

Poskan Komentar

 

Readers

Facebook Reader

Check PageRank
Add to Technorati Favorites


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?