Hair Extension Bisa Picu Kebotakan

Memiliki rambut lebat dan panjang adalah impian banyak wanita. Bahkan, ada yang rela 'meracuni rambut' dengan bahan kimia. Termasuk, memasang Hair Extension, untuk membuatnya terlihat panjang dalam waktu singkat. Namun awas! Kebiasaan memakai hair extension berisiko mengikis kulit kepala

Menggunakan hair extension memang cukup praktis tetapi bukan tanpa risiko. Seperti dilansir dari Shine, seorang pakar rambut dari The London Centre of Trichology mengatakan bahwa dua tahun terakhir terjadi kenaikan 15 persen pasien pengobatan kerusakan rambut akibat penggunaan hair extension.

Bahkan, menurutnya penggunaan hair extension harus dilarang karena bisa merusak kulit kepala. Itu karena metode menempelkan rambut ini mengakibatkan rambut rontok. Membuat terlalu banyak ketegangan yang terus-menerus pada akar rambut, yang disebut dengan istilah traction alopecia. Hal ini mengakibatkan akar rambut menjadi lemah dan mudah tercabut, serta rusaknya folikel secara permanen.

Francesca Fusco, seorang pakar rambut rontok membenarkan bahwa hair extension dapat merusak rambut dan mengakibatkan kerontokan. Namun, dia tidak setuju jika penggunaan hair extension dilarang. Karena menurutnya, hair extension memiliki risiko yang kecil atas kerontokan jika dilakukan dan dirawat dengan benar.

Untuk mendapatkan hair extension yang baik dan tidak merusak kulit kepala, disarankan untuk pergi ke salon yang sudah menjalani pelatihan pemasangan secara profesional. "Selain itu, Anda harus pergi ke salon sebulan sekali untuk merawat kesehatan kulit kepala dan rambut," kata Fransesca, seperti dikutip dari Shine.

Jika hair extension merusak rambut karena menariknya terlalu kuat, maka hair stylist harus melepaskannya dan memasangkannya kembali. Menurutnya, para penata rambut juga harus melakukan rotasi sehingga tidak hanya sekelompok rambut yang menerima tekanan.

"Rotasi sangat penting untuk mengurangi kerusakan folikel. Anda pun tidak boleh terlalu banyak menatanya," ujar Fransesca. Kebiasaan memakai hair extension terlalu sering juga akan mengikis kulit kepala. Bahkan, jika sudah mulai mengalami kerontokan akibat hair extension, berarti telah terjadi kerusakan folikel dan kerontokan bisa bersifat permanen. “Jika Anda melihat ada yang rontok, folikel akan menyisakan bekas luka, rambut Anda pun bisa tidak tumbuh kembali," kata Fransesca.

Karenanya, sangat penting untuk segera memeriksakannya ke dokter, jika terjadi kerontokan akibat penggunaan hair extension. Jangan sampai karena ingin tampil cantik, Anda malah mengalami kebotakan.

Sumber : www.ivanews.com

Comments :

2 Comment to “Hair Extension Bisa Picu Kebotakan”
Penumbuh Rambut cepat mengatakan...
on 

informasinya sangat bermanfaat

Greenangelica.org mengatakan...
on 

makasih artikelnya bermanfaat, semoga sukses penumbuh rambut cepat

Posting Komentar

 

Readers

Facebook Reader

Check PageRank
Add to Technorati Favorites


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?