6 Manfaat Daun Pepaya

Papaya, mangga, pisang, jambu, dibawa dari pasar minggu……begitulah kira-kira sebaris kalimat sebuah lagu mengenai buah-buahan, didalam kalimat tersebut terdapat satu buah yang namanya pepaya. Siapa sih yang tak kenal dengan buah pepaya, buah yang kaya akan vitamin dengan harga yang relatif murah, berdaging merah kaya akan air. Buah pepaya banyak dikonsumsi karena baik untuk pencernaan. Tidak hanya dapat dikonsumsi ketika buah ini sudah ranum namun dapat pula dikonsumsi ketika masih muda atau mengkal, didaerah pedesaan buah yang masih muda biasa diolah sebagai urap atau bisa pula diiris tipis sebagai bahan untuk rujak.

Tidak hanya buahnya yang dapat dikonsumsi daun dari pohon pepaya dapat pula dimanfaatkan selain sebagai lalapan ternyata daun pepaya ini mempunyai beberapa manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Jangan salah dibalik rasa pahitnya ternyata daun pepaya menyimpan khasiat yang begitu banyak. Apa sajakah itu? Berikut beberapa manfaat daun pepaya yang sebaiknya anda ketahui :

1. Sebagai obat jerawat.
Usia remaja adalah masa-masa perkembangan dan masa puber, bagi kamu yang merasa tidak pede mempunyai wajah berjerawat. Terutama bagi wanita yang selalu memperhatikan kecantikan. Daun pepaya dapat dimanfaatkan sebagai obat jerawat, yaitu dengan cara membuatnya menjadi masker.
Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua.Kemudian jemur dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setengah sendok air, setelah itu barulah dapat di manfaatkan untuk masker wajah.

2. Manfaat memperlancar pencernaan
Daun dari tumbuhan pepaya memiliki kandungan kimia senyawa yang bernama karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.

3. Menambah nafsu makan
Manfaat ini terutama untuk anak-anak yang sulit untuk makan. Ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, nah air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.

4. Demam berdarah
Siapa sangka kalau pepaya juga dapat untuk menyembuhkan demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun. Tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal tigaperempatnya saja. Namun hal ini belum teruji secara klinis, jadi apabila keadaan tidak membaik segera ke dokter (bahkan kalaupun membaik segera bawa ke dokter). Anggap saja ini untuk pertolongan pertama!

5. Nyeri haid
Wanita jawa zaman dulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Cukup Ambil 1 lembar daun saja, Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan Rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.

6.Anti kanker
Hal ini masih belum pasti dan masih diuji secara formal di laboratorium, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena keduanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).

Semoga bermanfaat, artikel ini hanya sekedar info yang bersifat sebagai obat tradisional, jangan dijadikan patokan sebagai standar kesehatan anda.

Sumber : www.blogbintang.com

Comments :

1
produk perawatan kulit mengatakan...
on 

kalau diraasa emang pahit ki,.
tapi dari khasiat benar2 mantap

Posting Komentar

 

Readers

Facebook Reader

Check PageRank
Add to Technorati Favorites


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?