Legenda Aul (Manusia Berkepala Anjing)

Kisah tentang Aul ini saya dapat dari almarhum kakek saya, sebuah kisah usang yang berumur sangat tua sekali, semasa kecil beliau bercerita tentang sesosok mahluk yang bernama Aul ini. Cerita tentang Aul ini didapat turun temurun, menurut penuturan beliau, Aul adalah sesosok mahluk setengah manusia setengah binatang, menurut beliau Tubuh Aul berupa Tubuh Manusia (Laki-Laki) sementara kepalanya adalah Kepala Anjing Hitam, masih menurut beliau, yang membuat aneh dari sosok mahluk ini adalah posisi kepalanya yang tidak semestinya, karena posisi kepala Aul ini terbalik menghadap belakang tubuhnya.

Beliau menuturkan, Konon pada jaman dahulu kala ketika negri ini diperintah oleh raja-raja, terdapat satu kerajaan di sebelah barat pulau Jawa yang cukup besar dengan daerah jajahan yang sangat luas, negri makmur dan negri yang indah serta aman. Kerajaan tersebut mempunyai armada militer yang tangguh dan kuat, dipimpin oleh panglima-panglima perang yang cakap dan ahli bertempur yang mumpuni.

Dalam kisah ini disebutkan salah seorang panglima perang adalah seorang yang sangat mahir berperang dan mempunyai sebuah ilmu kanuragan tingkat tinggi sehingga apabila bagian tubuhnya terlepas karena senjata tajam, cukup dengan menempelkan kembali bagian tubuh tersebut maka dalam hitungan detik akan pulih kembali seperti semula. Namun apabila kepala yang terlepas maka hanya sekali saja ia akan pulih pada kali kedua kedua kepala itu terlepas maka ia akan tewas

Dikisahkan dalam sebuah pertempuran panglima tersebut bertempur melawan pasukan musuh yang sangat banyak melebihi dari pasukannya, dengan pedang terhunus dia menebas setiap batang leher musuh yang ditemuinya, hingga pada suatu kesempatan Ia berhadapan dengan seorang Ksatria dari pasukan musuh. Merekapun bertempur saling tebas satu sama lain, dikarenakan kemampuan Ksatria musuh jauh diatas sang panglima maka sang panglima pun terdesak, berkali-kali ia harus menghindar, hari-pun menjelang sore menuju malam, hingga pada satu kesempatan ia menghindar dan berkuda mundur, Ksatria musuh segera melepaskan anjing pemburu guna mengejar sang panglima, anjing pemburu melesat mengejar, meloncat dan menerkam dari belakang, sang panglima jatuh bergulingan diatas mayat mayat tanpa kepala. Serta merta ia berbalik dan menebas leher anjing tersebut, namun malang beberapa saat kemudian kepala sang panglimapun menggelinding jatuh ditebas pedang ksatria musuh menyisakan satu kata yang tak selesai ia katakana yaitu AH HUL…..Maksudnya “Ah Hulu Urang” (Bhs Sunda, “Oh Kepala Saya”/kata yang tidak selesai inilah yang kemudian hanya diingat oleh sang panglima).

Dengan cepat sang panglima meraih kepala yang menggelinding namun sayang yang ia raih ternyata kepala anjing yang telah ia tebas, tak sadar dan karena panik Ia-pun segera memasang kepala tersebut namun posisinya salah hingga Ia-pun kebingungan karena kepala telah kadung menempel di tubuhnya, Ia berlari menuju pasukannya, namun sayang pasukannya telah habis terbantai musuh, hingga akhirnya Ia berlari menuju hutan dan menghilang. Konon sejak saat itu bila hari telah gelap Ia keluar dari persembunyiannya dan membunuh siapa saja yang ditemuinya dan bila bulan purnama terang benderang sang panglima selalu mencari tepat tinggi (Biasanya diatas bukit) dan melolong, karena yang Ia ingat adalah kata terakhir yang tak selesai ketika ia terpenggal maka lolongannya berbunyi ….”Ahulllllllllllll……..Ahulllllllll……!!!!! seakan-akan meratapi kepalanya yang hilang.

Sejak saat itu pula mahluk tersebut disebut Ahul / Aul oleh masyarakat dan bila hari telah gelap mereka segera masuk rumah karena takut akan dibunuh oleh Ahul/ Aul

Kisah ini hanyalah kisah pengantar tidur saja, benar atau tidak kisah ini entahlah…..

Yang benar biarlah menjadi benar, yang salah biarlah menjadi salah….lalu.?????…terserah kita mau memilih yang mana………

Comments :

4 Comment to “Legenda Aul (Manusia Berkepala Anjing)”
Alfonso mengatakan...
on 

hahahaha... cerita pengantar tidur... bacanya malah ga bisa tidur bro! hahaha

nice2

pemiwan.wordpress.com mengatakan...
on 

Akhir September 2011, saya baru baru ini bermimpi bahwa di pulau jawa akan banyak orang orang yang durhaka dan mati sebagai aul. wallohu alam bissawab !. Kata kata itu saya dengar dari mimpi dan terus terang sebelum mimpi ini saya tidak tahu apa itu yang dinamakan aul ?!!. Hanya Alloh yang tahu masalah ini. saya selaku rakyat Indonesia hanya bisa berdoa dan berharap, mudah2an mimpi saya ini bukan mimpi yang buruk untuk bangsa ini. amin.

sulthonirachman mengatakan...
on 

fersi nya beda2, yg gw denger serupa, aul tersebut cerita daerah sumatra (lampung) posisi kpalanya miring kesamping seperti wayang, dia perempuan, dikutuk, kalau malam dia memburu/menculik laki2 untuk dijadikan pendampingnya.

Anonim mengatakan...
on 

Itu benar keberadaan aul itu ada bray..aku melihatnya sendiri wktu aku di sawah, dia berada di semak belukan...dua kali aku melihat....lokasi aul ada di kecamatan suoh dan bandar negeri suoh kabupaten lampung barat/lampung...ihhh...serem......kukunya panjang", kepalanya kayak kpala anjing, menghadap ke belakang....suka nyuri makanan ,bumbu dapur dll di rumah warga yg deket lereng pegunungan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan/TMBBS lampung barat/lampung.....

Poskan Komentar

 

Readers

Facebook Reader

Check PageRank
Add to Technorati Favorites


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?