Pelajaran dari Buah-buahan

Seringkali kita Khilaf dalam menjalani kehidupan ini, terkadang kita salah melangkah atau bahkan seringkali menyakiti perasaan orang lain di sekitar kita. Mungkin memang benar belajar itu seharusnya dilakukan terus-menerus tanpa terhalang oleh apapun, belajar bisa dimana saja bahkan pembelajaran bisa dari apapun baik itu dari manusia yang lainnya atau bahkan dari benda-benda lain disekitar kita, alangkah bijaksananya apabila kita dapat belajar dari hal-hal kecil disekitar kita. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dipelajari dan dijadikan contoh bagi kita semua dari beberapa buah-buahan.

1. Jadilah Jagung, Jangan Jambu Monyet
Jagung membungkus bijinya yang banyak, sedangkan jambu monyet memamerkan bijinya yang cuma satu-satunya. Hal ini menampar kita seakan berkata “Jangan pamer...kecuali kalo lagi pameran”

2. Jadilah pohon Pisang
Pohon pisang kalau berbuah hanya sekali, lalu mati. Ini adalah lambang Kesetiaan dalam pernikahan

3. Jadilah Duren, jangan jadi Kedondong
Walaupun luarnya penuh kulit yang tajam, tetapi dalamnya lembut dan manis, berbeda dengan kedondong, luarnya mulus, rasanya agak kecut dan di dalemnya ada biji yang berduri. Ini mengingatkan kita jangan suka lain dimulut lain di hati atau bahkan mengajari kita jangan menilai sesuatu itu dari kulit luarnya. Atau dalam peribahasa “biarpun dandanan garang hati eike lembut bo…yuuu mari yuuuu..”

4. Jadilah Bengkoang
Walaupun hidup dalam kompos sampah, tetapi umbinya isinya putih bersih. Jagalah hati jangan kau nodai meskipun...AA Gym Bangetttttttttttttttttt……..

5. Jadilah Padi
Makin berisi, makin merunduk. Semakin pintar dan semakin sukses semestinya semakin membumi jangan sombong.

6. Jadilah Pohon Kelapa
Sudah terkenal dengan serba gunanya, tidak bisa di manipulasi (maksudnya kelapa nggak bisa dicangkok)

7. Jadilah Tandan Pete, jangan jadi Tandan Rambutan
Tandan Pete membagi makanan sama rata ke biji Petenya, semua seimbang, ngak seperti Rambutan ada yang kecil ada yang gede. Jadilah manusia yanga adil.

8. Jadilah Cabe
Makin tua makin pedes, makin tua makin judes loh..!!! yah ko gitu sih heu heu heu…… Maksudnya makin tua makin bijaksana.

9. Jadilah buah Manggis
Bisa ditebak isinya dari bokong buahnya, kalo menilai seseorang lihat bokongnya…loh….!!! Hihihii………. maksudnya jangan munafik...hmmmm

10. Jadilah buah Nangka
Selain buahnya, Nangka memberi getah kepada penjual atau yg memakannya, artinya berikan kesan kepada semua orang (tentunya yg baek)




Comments :

0 Comment to “Pelajaran dari Buah-buahan”

Posting Komentar

 

Readers

Facebook Reader

Check PageRank
Add to Technorati Favorites


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?