Penyebab Kanker Leher Rahim (Human Papilloma Virus)

Apa sebenarya Kanker Leher Rahim itu? “Kanker Leher Rahim” adalah tumor ganas yang tumbuh di daerah Leher Rahim (Serviks), yaitu suatu daerah pada Organ Reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara Rahim (Uterus) dan Liang Senggama (Vagina). Kanker jenis ini terjadi apabila sel-sel yang ada di daerah tersebut membelah secara tak terkendali dan menjadi abnormal. Jika hal ini terus terjadi maka akan terbentuk suatu massa jaringan yang disebut tumor. “Tumor” ini dapat bersifat jinak atau ganas. Jika tumor tersebut menjadi ganas, maka keadaanya tersebut disebut sebagai Kanker Leher Rahim.

Kanker Jenis ini merupakan Kanker yang paling banyak pengidapnya di Indonesia, bahkan menurut data yang ada, Indonesia merupakan Negara kedua setelah China yang memiliki pengidap Kanker Leher Rahim terbanyak di dunia. Sungguh ironis karena Kanker jenis ini yang lazim pula disebut Kanker Mulut Rahim, termasuk Kanker yang mudah diseteksi secara dini serta dapat dicegah dan diobati sebelum berkembang ke stadium lanjut.

99% Kanker Leher Rahim ini disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV).Infeksi yang disebabkan oleh Virus ini adalah suatu yang sangat mudah terjadi. Diperkirakan tiga per empat dari jumlah orang yang pernah melakukan hubungan seks, laki-laki maupun perempuan, mengalaminya. HPV adalah suatu virus yang dapat menyebabkan terjadinya kutil pada Daerah Genital (Kondiloma Akuminata), yang ditularkan melalui hubungan seksual. HPV sering diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan yang abnormal pada sel-sel leher rahim.Sama halnya dengan Flu, kebanyakan Infeksi HPV dapat sembuh dengan sendirinya, sehingga penderita tidak pernah menyadarinya. Hanya sebagian kecil infeksi HPV yang menjadi infeksi menahun, kemudian berkembang menjadi Kanker.

Human Papilloma Virus

Apakah anda pernah melihat kutil? Kutil adalah Bintil pada permukaan kulit yang berbentuk gelembung-gelembung seperti bunga kol, nah itu adalah salah satu jejak serangan Human Papilloma Virus (Papilloma = Bintil/Kutil). Human Papilloma Virus ini jenisnya lebih dari 100 macam, yang masing-masing diberi nomor untuk membedakan jenis yang satu dengan jenis yang lainnya. 60 jenis di antaranya menyebabkan kutil-kutil kulit yang tidak berbahaya. Sisanya merupakan HPV Tipe Mukosal, yaitu hanya menyerang selaput-selaput lendir seperti yang terdapat pada mulut, kerongkongan, ujung penis, vagina, leher rahim, dan dubur. Tipe mukosal disebut juga HPV Genital, karena yang paling sering diserang adalah Area Kelamin. Ada yang menimbulkan kutil di vagina atau penis, yang lazim disebut dengan penyakit “Jengger Ayam”, yaitu HPV tipe 6 dan 11, tetapi ini tidak akan menjadi kanker.

Yang dapat menyebabkan kanker adalah HPV genital tipe 16, 18, 31, 35, 39, 45, 51, 52, dan 58. Lebih dari 70% Kanker Leher Rahim disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18. Selain menyebabkan Kanker Leher Rahim, HPV juga dapat menyebabkan Kanker Anus, Vagina, Vulva, Penis, bahkan Kanker Kerongkongan.

Virus ini menular terutama melalui hubungan Seks, termasuk Anal Sex, Oral Sex, dan Hand Sex. Sebagian besar di antaranya terinfeksi pada umur 15-30 tahun, yakni dalam kurun waktu empat tahun setelah melakukan hubungan seks yang pertama. Orang yang terinfeksi HPV genital biasanya tidak tahu dia terinfeksi, karena infeksi ini tidak menimbulkan gejala sama sekali (kecuali yang menimbulkan “Jengger Ayam”), serta peran dari sistem kekebalan tubuh yang segera menyerang sehingga virus ini mati atau lemah yang menyebabkan virus ini tidak aktif.

Hingga saat ini infeksi yang disebabkan oleh virus ini belum dapat diobati, akan tetapi sistem pertahanan tubuh yang baik dapat menyembuhkan hingga 90% di antaranya dalam kurun waktu 2 tahun. Sisanya yang tertinggal tetap aktif, atau ada tetapi tidak aktif. Virus yang tidak aktif ini masih dapat menular ke orang lain, atau dengan kata lain sewaktu-waktu bisa aktif lagi (apabila daya tahan tubuh menurun), atau mengubah sel leher rahim menjadi sel Prakanker, yang bertahun-tahun kemudian dapat menjadi kanker.
Gejala Kanker Leher Rahim

Pada awalnya perjalanan penyakit dari Kanker Leher Rahim dapat berupa Pembakal Kanker atau Lesi Prakanker. Perubahan Prakanker ini biasanya tidak menimbulkan gejala dan tidak terdeteksi kecuali jika wanita tersebut menjalani pemeriksaan panggul atau Pap Smear.
Gejala biasanya baru muncul ketika Sel Serviks yang Abnormal berubah menjadi keganasan dan menyusup ke jaringan sekitarnya. Pada saat ini dapat timbul gejala seperti gangguan Menstruasi, Perdarahan Vagina, serta Keputihan. Jika kanker berkembang makin lanjut maka dapat timbul gejala-gejala seperti:
• Berkurangnya nafsu makan, penurunan berat badan, kelelahan
• Nyeri panggul, punggung dan tungkai
• Keluar air kemih dan tinja dari vagina
• Patah tulang

Cara terbaik untuk mencegah Infeksi Human Papilloma Virus (juga untuk mencegah serangan segala macam virus lainnya) adalah dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar dengan pola hidup seimbang: cegah stres, hindari polusi, konsumsi makanan bergizi dan seimbang, cukup olahraga, cukup istirahat. Saran yang Klasik, Tapi memang itulah yang terbaik.

Infeksi HPV juga dapat dicegah dengan vaksinasi, dan akibat yang ditimbulkannya (kutil, Lesi Prakanker, maupun kanker stadium dini) dapat mudah dideteksi dan diobati. Vaksin yang tiga kali disuntikkan di lengan ini mampu melindungi kita dari empat tipe HPV penyebab kanker dan “Jengger Ayam”, yaitu tipe 6, 11, 16, dan 18, selama empat tahun. Sebaiknya vaksinasi diberikan kepada para gadis yang belum pernah melakukan aktivitas seksual. Orang yang sudah pernah melakukan aktivitas seksual kemungkinan besar sudah pernah terinfeksi HPV. Jika yang menginfeksinya bukan virus tipe 6, 11, 16, dan 18, maka vaksinasi ini masih ada gunanya.

Walaupun sudah menjalani vaksinasi, wanita yang sudah melakukan aktivitas seksual seyogyanya melakukan pemeriksaan Pap Smear berkala secara rutin. Pemeriksaan ini mudah, murah, dan efektif untuk mendeteksi adanya sel abnormal akibat HPV, misalnya Lesi Prakanker maupun kanker stadium dini. Kanker Leher Rahim yang ditemukan pada stadium dini lebih mudah disembuhkan. Mencegah lebih baik daripada mengobati, kenali dini diri dan tubuh anda, termasuk pencegahan kanker leher rahim ini.

(Sumber : Rumahkanker.com dan berbagai sumber)


Comments :

86 Comment to “Penyebab Kanker Leher Rahim (Human Papilloma Virus)”
Anonim mengatakan...
on 

sangat bermanfaat informasinya, apakah kanker mulut rahim bisa disebabkan karena keturunan?

Agil mengatakan...
on 

sebelumnya saya ucapkan terimakasih telah berkunjung ke blog saya, kalau ditilik dari penyebab Kanker mulut rahim yang disebabkan VIRUS maka saya berkesimpulan bahwa Kanker tersebut bukan berdasarkan faktor keturunan (GENETIK), karena penyebabnya itu tadi dari Virus yang notabene dari luar tubuh kita. pendapat saya ini bisa salah karena harus didasari dengan keterangan medis. alangkah baiknya anda bertanya pada yang berkompeten di bidangnya.

Anonim mengatakan...
on 

thanx infonya

Anonim mengatakan...
on 

terimakasih infonya,, boleh aya tanya? pakah seorang gadis yang belum pernah melakukan hubungan seksual ada kemungkinan terserang kanker mulut rahim?

Anonim mengatakan...
on 

Wah, makasih ya infonya ^^

jojo mengatakan...
on 

gimana jika teman saya suka memulakan seks dengan memasukkan jarinya ke vagina saya.??

Agil mengatakan...
on 

Dear Jojo, memasukan jari ke lubang intim wanita itu termasuk kategori Hand Sex, hal ini merupakan salah satu faktor penyebab penularan Kanker Leher Rahim.

Anonim mengatakan...
on 

apakah ini bisa disebabkan karena adanya gumpalan darah pada indung telur? apa nama penyakit untuk gumpalan darah dalam indung telur?

Anonim mengatakan...
on 

apa keputihan juga tanda awal kanker ini?????
dan keputihan itu ap ya penyababnya?

Agil mengatakan...
on 

Penyebab kanker leher rahim adalah oleh virus, kemungkinan sebab gumpalan darah yang mengandung virus bisa saja, namun hal ini perlu ditelaah lebih jauh lagi oleh yang kompeten di bidangnya. penyakit gumpalan darah dalam indung telur terus terang saya kurang faham dan mengerti karena latar belakang saya bukan dari medis, namun mungkin ada sangkut pautnya dengan Endometriosis atau yang lazim disebut kista.

tidak semua keputihan adalah tanda awal dari kanker. banyak penyebab dari keputihan diantaranya adalah jamur atau infeksi luka pada Vagina.

Anonim mengatakan...
on 

jika keputihan banyak, apakah itu merupakan gejala dari kanker????

mia mengatakan...
on 

apa kanker serviks ini dapat terjadi di usia remaja?dan faktor apa saja yang membuat berkembangnya virus tersebut?

Anonim mengatakan...
on 

kadang dibibir kelamin sya,mengalami iritasi...
pa y pnyebab'a?
pa sh gjla kanker serviks yg mungkin bs kthui scra perinci...

Agil mengatakan...
on 

Dear Anonim 1, seperti yang pernah saya sebutkan, bahwa tidak semua keputihan itu awal dari kanker, keputihan dapat timbul oleh berbagai faktor seperti iritasi, jamur dan tidak seimbangnya hormon seperti yang dialami kebanyakan ibu hamil. perlu pemeriksaan lebih lanjut apabila ingin mengetahui keputihan yang anda alami berbahaya atau tidak dan apa penyebabnya karena banyak macam keputihan.

Dear Mia, jenjang usia terinfeksi kanker adalah 15-30Th dalam kurun waktu empat tahun setelah hubungan sex yang pertama. jadi ada kemungkinan usia muda bisa terinfeksi kanker serviks ini. periksakanlah ke dokter yang kompeten di bidangnya, pencegahan lebih baik bukan!!!

Dear Anonim 2, ada beberapa penyebab dari iritasi pada organ intim wanita, bisa karena celana dalam yang terlalu ketat atau dari penggunaan Pantyliner sehingga keasaman organ terganggu atau bisa pula karena luka pada organ tersebut, alangkah baiknya anda konsultasikan ke dokter yang bersangkutan.
gejala kanker yang rinci saya kira itu tergantung dari individu itu sendiri karena gejala yang rinci berbeda pada tiap tiap individu, yang saya paparkan pada artikel diatas adalah gejala yang umum.

Anonim mengatakan...
on 

Thx u banget buat infonya.
3 th yl saya kena kista endometriosis di saluran rahim sebelah kiri - kata dokter krn ketidakseimbangan hormon. krn diameter kista yang sudah cukup besar, jadi tindakan yang dilakukan saat itu adalah operasi besar (caesar) namun rahim masih utuh (thx God). Setelah operasi tsb saya blm melakukan check up lagi (terakhir check up 2 minggu stlh operasi). Untuk kegiatan seksual (stlh operasi), mgkn saya termasuk yang cukup aktif. Adapun yang menjadi perhatian saat ini karena 3 bulan terakhir, shedule menstruasi saya kacau (1 bulan bisa dapat 2x).

Pertanyaan saya:
1. Kadang saya melakukan hub disaat hari2 terakhir period. Apakah itu bs menjadi penyebab kanker serviks?
2. Dulu saya pernah mengalami ada benjolan di bibir vagina (spti bisul/jerawat). Namun setelah saya obati dengan obat pembersih kewanitaan, bisulnya menghilang. Saya pikir ini karena saya ganti pantyliner dan tidak cocok dengan kulit saya. Namun waktu saya membaca mengenai ciri2 diatas, saya jadi khawatir.
3. Saya baru akan melakukan pemeriksaan pap smear (namun honestly status saya belum menikah).
Mohoooon bantuannya

Agil mengatakan...
on 

Dear Anonim, Menstruasi yang tidak teratur atau bahkan cenderung abnormal bisa terjadi karena berbagai macam faktor, antara lain tingkat Stress yang tinggi sehingga menimbulkan ketidak stabilan hormon. hubungan intim yang dilakukan pada saat menstruasi atau pada fase menstruasi belum selesai sangat tidak dianjurkan karena dinding vagina pada wanita dalam keadaan rentan, hal ini dapat menimbulkan luka dan infeksi, ingat hubungan sex adalah salah satu faktor pemicu infeksi kanker leher rahim ini dan hubungan sex yang dilakukan pada saat menstruasi memperbesar resiko terinfeksi kanker tersebut. mengenai benjolan pada bibir vagina, itupun bisa karena berbagai faktor seperti iritasi kulit, sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter yang bersangkutan yang lebih kompeten. lakukan pemeriksaan pap smear tersebut jangan ditunda tunda, kesampingkan mengenai status anda yang masih single, bukankah kesehatan anda lebih penting. segeralah periksakan.

Anonim mengatakan...
on 

dari pengalaman ibu saya dulu, beliau positif kanker serviks.
Beliau saat itu stres berat dan mengalami pendarahan yang amat banyak
Apakah itu bisa menjadi penyebab kanker serviks juga...??
thx
dewi

lia mengatakan...
on 

dok tlg bantu saya.saya sudah sekitar 2th keputihan.tp setelah saya berkeluarga keputihan nya meningkat drastis.sekarang saya sering skt dkt rahim seperti halangan.kemudian keputihan saya berbau amis dan seperti bubur yang kental.yang saya tanyakan,apa saya terjangkit kanker serviks dok?

Agil mengatakan...
on 

Dear ibu Dewi, saya kurang faham dengan yang anda tanyakan, tapi apabila maksud anda adalah bahwa kanker adalah dari faktor keturunan. tentu tidak karena penyebab kanker itu sendiri dari virus bukan genetik.

Dear ibu Lia, maaf sebelumnya saya ingin memberitahukan bahwa saya bukanlah dokter jadi janganlah memanggil saya dengan sebutan dok, rasanya kurang pantas seorang yang bukan dokter di panggil dengan sebutan dok.
tidak semua keputihan adalah gejala kanker serviks, keputihan yang dialami oleh ibu bisa dari berbagai faktor seperti kelainan hormon, atau apabila berbau dan berwarna bisa pula ditimbulkan oleh jamur atau bakteri, ataupun bisa juga dari infeksi dari organ kewanitaan. sebaiknya segeralah konsultasikan dan periksakan ke dokter yang bersangkutan. karena hal ini harus berdasarkan pemeriksaan laboratorium, tidak bisa di terka-terka.

nia mengatakan...
on 

apakah da bedanya bentuk vagina yang terkena kanker dengan tidak terkena?? rentang waktu berkembang menjadi kanker serviks berapa laama
dan yang saya mau tanyakan klo penyakit jengger ayam pada vagina merupakan awal terjadinya kanker serviks

Agil mengatakan...
on 

Dear Nia, bentuk pada Vagina yang terserang Kanker mengalami perbedaan bentuk apabila menimbulkan yang lazim disebut jengger ayam, rentang waktu terjadinya kanker berbeda pada setiap individu karena tergantung dari kekebalan dan ketahanan tubuh individu tersebut (yang telah terinfeksi HPV tentunya), tidak semua penyakit jengger ayam adalah merupakan awal dari kanker serviks, contohnya adalah apabila terjagkit HPV tipe 6 dan 11, ini menimbulkan jengger ayam tetapi tidak menyebabkan kanker.

Yudi mengatakan...
on 

apakah penyakit ini bisa di sembuhkan?
kemudian, apakah penyakit ini selalu dan kemungkinan besar muncul akibat sudah melakukan sex pertama kali?

Agil mengatakan...
on 

Dear yudi, Obat untuk Kanker jenis ini sampai saat ini belum ada, namun untuk menyembuhkannya dilakukan terapi seperti kemo dan radiasi untuk mematikan sel-sel kanker dan menghambat pertumbuhannya. jangan khawatir karena banyak kasus kanker dapat terobati lewat terapi seperti yang telah saya sebutkan diatas. Tidak semua kanker muncul akibat telah melakukan sex pertama kali, karena penularan HPV bisa melalui hand sex, anal, ataupun oral.

Anonim mengatakan...
on 

kira-kira alat kontrasepsi apa yang aman & tidak menyebabkan timbulnya kanker serviks......?

Agil mengatakan...
on 

Dear Anonim, Kanker Serviks timbul bukan karena alat kontrasepsi tetapi penyebabnya adalah dari penularan Virus.

Anonim mengatakan...
on 

apa saja penyebap jamur dan apa penyebap nya suka gatel dan iritasi trmksh .......

Nesya mengatakan...
on 

eumh,,,saya mau tahu,,saya sering mengalami iritasi didaerah vagina saya. seperti da benjolan2 gitu, tetapi mskipun bnjolan nya sdah menghlng, gatalnya masih ada. kira2 apa pnyebabnya ya dok ? lalu apakah ini adalah salah satu ciri - ciri kanker serviks ? Mohonm di jawab ya dok.. trims :))

Anonim mengatakan...
on 

kira-kira kanker serviks dan ovarium itu sama tidak???

Agil mengatakan...
on 

Dear Anonim 1, Jamur yang timbul di daerah intim karena kondisi organ intim yang tidak stabil, hal ini bisa terjadi karena penggunaan celana yang terlalu ketat, atau celana dalam yang tidak menyerap keringat atau penggunaan pantyliner yang bisa menyebabkan keasaman organ intim terganggu sementara keasaman organ tersebut berguna untuk menangkal bakteri dan jamur sehingga hal ini dapat menyebabkan bakteri dan jamur bisa berkembang biak di daerah tersebut.

Dear Nesya, gatal-gatal dan iritasi bisa terjadi karena jamur atau bakteri. tidak semua gatal-gatal ataupun keputihan adalah gejala dari kanker srviks.

Dear anonim 2, Jelas berbeda Serviks adalah saluran dimana sperma masuk untuk membuahi sel telur, sementara Ovarium adalah tempat dimana sel telur berada.

Anonim mengatakan...
on 

tolong dijawab ya...
HPV itu sendiri berasal dari mana?sehingga membuat penyakit seperti itu.....
seperti halnya AIDS.AIDS itu kan berasal dari simpanse mungkin ada manusia yang berhubungan seks dg simpanse sehingga penyakit itu skg menyebar ke penjuru dunia.

Agil mengatakan...
on 

HPV adalah anggota dari Papillomavirus yaitu keluarga Virus yang mampu menginfeksi manusia. Mengenai asal usulnya saya tidak bisa jelaskan, yang jelas HPV merupakan virus DNA famili Papovaviridae (papovaviruses), DNA virus terdiri dari double strand dan sirkular dengan 5-8 gen dan virus ini tidak berselubung. Virus ini menginfeksi sel pipih epitelium dan menyebabkan keadaan hiperplasia dari sel epitel pipih.

Anonim mengatakan...
on 

Dok,nama saya lia. saya punya anak perempuan usianya 20 bln,sejak baru lahir anak saya terdapat benjolan disekitar anus warnanya agak kemerahan.tapi untungnya sampai saat ini anak saya tidak ada keluhan apa-apa,tolong saya dok beri penjelasan yang jelas soalnya saya sangat hawatir klo ada apa-apa.(terimakasih)

Agil mengatakan...
on 

Dear Ibu Lia, Sukar bagi saya mengira apa gerangan benjolan tersebut. Namun bila benjolan tersebut hilang timbul dengan pemberian obat, saya menduga itu sisa infeksi yang belum menyembuh total.

Kemungkinan dulu pernah terbentuk bisul di sekitar liang dubur. Atau bisa jadi juga telah terbentuk saluran dari liang dubur menembus ke dinding sekitar liang dubur (fistula) yang lalu membentuk benjolan tersebut, yang isinya berupa proses infeksi.

Wasir jarang ditemukan pada anak usia kurang dari 3,5 tahun. Bila betul sisa proses infeksi, atau suatu fistula, penyelesaiannya memang perlu tindakan operasi. Coba minta pendapat kedua ke dokter ahli bedah.

Anonim mengatakan...
on 

nama saya Sinta, saya belum menikah (masih Virgin) test apa yg harus saya lakukan untuk mengetahui apakah saya mengidap atau tidak,,,

Agil mengatakan...
on 

Dear Sinta, yang saya ketahu adalah cara untuk deteksi dini kanker serviks adalah dengan melakukan pemeriksaan pap smear dan thin prep. Kedua metode pemeriksaan itu sudah terbukti cukup menekan angka kematian karena kanker serviks.
Namun Sekarang sudah ditemukan vaksinasi untuk mencegah kanker serviks ini, bahkan vaksinasi ini dapat diberikan pada remaja putri mulai usia 10 tahun. Tentunya ini berita yang menggembirakan bagi semua wanita. Dengan melakukan vaksinasi ini pencegahan dapat dilakukan, dan bagi wanita yang aktif atau sudah berhubungan seksual harus rutin melakukan pap smear atau inspeksi visual.

nn mengatakan...
on 

boleh ikutan nanya ya..
dulu sewaktu hamil sy pernah difonis terkena popiloma(jengger ayam) dan sempat d oprasi kecil.itu terjadi 2x selama kehamilan.popiloma disebabkan hubungan sex yg berganti2.sedangkan sy cuma mlakukan dg suami sy..sy melahirkan dengan cecar krn dokter bilang kl lahir normal akan berdampak buruk pada bayi misal ( buta,keluar lendir dr telinga seumur hidup,atau cacat) skr anak saya usia hampir 4 th,dy mempunyai keluhan dtelinga (mengeluarkan lendir) sudah di obati beberapa kali dg ahli THT tp ga sembuh2..
pertanyaan saya:
1. apakah popiloma itu akn muncul lagi bila saya hamil lg? (sy masih trauma kehamilan)
2. saya pernah vaksin HPV baru2 ini tapi cuma 2x, apakah itu ada eveknya atau sia2?
3. apakah penyakit yg diderita anak saya dampak dari popiloma itu?
makasih sebelumnya...

Agil mengatakan...
on 

Dear NN, pada dasarnya Condyloma acuminata (jengger ayam) dapat kambuh lagi bukan karena kehamilan, penyakit ini dapat kambuh sewaktu-waktu apabila imunitas tubuh jauh menurun. Adapun untuk mencegahnya kambuh lagi yaitu saat pembedahan harus benar2 bersih kemudian diikuti dengan menjaga daya tahan tubuh sebagai faktor terpenting untuk menangkal infeksi virus yaitu dengan makan makanan yg bergizi dan istirahat yg cukup.
yang saya ketahui untuk pencegahan HPV Pemberian vaksin sebanyak 0,5 mL dilakukan dalam 3 dosis dan diberikan secara bertahap pada bulan 0, bulan 2 dan bulan 6. Ketiga dosis tersebut harus diberikan dalam periode 1 tahun. Suntikan dilakukan secara intra muskular, di lengan atas atau paha atas. Tidak boleh disuntikkan secara intravaskular. Tidak disarankan suntikan secara subkutan dan intradermal karena belum dilakukan studi terhadapnya.
mengenai penyakit yang diserita oleh anak anda sukar bagi saya untuk menjelaskannya, ada kemungkinan itu dampak dari HPV namun ada kemungkinan juga tidak.

nn mengatakan...
on 

kebetulan wktu mw suntik HPV yg terakhir saya lupa tanggalnya..akhirnya lewat deh,n ternyata blm lama ini kutil sempat tumbuh lagi di sekitar vagina masih kecil cuma 1,akhirnya sy olesin ALBOTHYL slama 2 minggu lebih dan hilang..kl boleh tw jangka waktu tumbuh kutil itu berapa lama ya??ternyata vaksin juga ga bs menghambat tumbuhnya kutil itu ya..padahal lumayan mahal untuk suntiknya..makasih sbelumnya

Agil mengatakan...
on 

Dear NN, jangka waktu tumbuhnya Kutil bervariasi tergantung dari ketahanan imunitas individu penderita. ada kemungkinan tumbuhnya kutil tersebut dikarenakan pembedahan (operasi) yang kurang bersih. memang vaksin hanya bersifat mencegah bukan untuk menyembuhkan.

ade mengatakan...
on 

Nma saya ade dok,, saya mau tanya memang virus HPV itu hanya di sebabkan org yg berhubungan sex y dok,, saya aneh koq saya bisa kena virus itu ya dok padahal saya blm pernah berhubungan sex, itu sebabkn oleh apa ya dok? trs di vagina saya dan di klitoris saya tumbuh kutil dan vagina saya sering keluar cairan coklat dan campur darah itu dikarenahkan apa y dok? dan berbahaya atau tidak? mohon dok blsnya,,,,

Agil mengatakan...
on 

Dear ade, penularan HPV tidak hanya disebabkan oleh Hubungan Sex saja(Hubungan Intim,Oral Sex,Hand sex), para gadis pun dapat terjangkit HPV, ada satu kasus yang menimpa anak usia kurang lebih 4-5 tahun yang terjangkit HPV, setelah ditelusuri Ia terjangkit karena sering menggunakan Kloset Duduk di Toilet umum. Nah mungkin penularan HPV ini bisa juga pada Fasilitas umum seperti Toilet yang kurang dijaga kebersihannya. Mengenai Cairan yang keluar dari organ intim berupa cairan coklat bercampur darah tidak bisa saya tebak tebak karena harus melalui uji laboratorium agar pasti apa yang menimbulkan hal tersebut. coba untuk konsultasi dan periksakan pada dokter terkait.

ade mengatakan...
on 

terima kasih y mz agil,,, tapi saya wktu ke dokter hanya di kasih obat tutul podofilin saja dan resep di resep itu ada obat zemyc 150g kan saya punya alergi obat, mz kira" klo saya minum kena alergi g y?dan tau g maz dmn apotik obat yang jual cairan tca podofilin? terima kasih,,,,,,,

Agil mengatakan...
on 

Dear Ade, untuk menghilangkan kutil memang banyak dokter memberikan resep Podofilin obat tersebut cukup bagus untuk penghilang kutil, namun apabila kutil tersebut disebabkan oleh HPV maka ada kemungkinan kutil tersebut tumbuh kembali, yang saya ketahui untuk benar benar menhilangkan kutil tersebut (apabila disebabkan HPV) hanya dengan operasi secara tuntas tanpa sisa. untuk masalah Alergi maaf terus terang saya kurang paham mengenai hal tersebut, biasanya dokter apabila akan memberikan resep pada pasien Ia akan bertanya terlebih dahulu Si pasien ada alergi obata apa tidak, nah apabila si pasien menjawab iya, maka si dokter akan memberikan obat yang menurutnya aman bagi si pasien. untuk apotik yang menjual podofilin saya kira banyak yang menjualnya namun seringkali sulit untuk mencarinya, coba anda cari di apotik Kimia farma terdekat di kota anda.

Anonim mengatakan...
on 

Hi Pak Agil. bagaimana dengan HPV yg di derita oleh kaum laki2. apa saja yg mereka alami/derita.. bagaimana cara penanganan buat mereka. apakah sama perlakuan pengobatannya dengan perempuan. Terimaksih.

Agil mengatakan...
on 

Dear Anonim, Memang sulit membuktikan keadaannya pada pria saat belum tampak gejala klinis. Pria maupun wanita yang pernah melakukan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi HPV, keduanya tidak akan menyadari dirinya terinfeksi karena HPV dapat berdiam lama tanpa menunjukkan adanya gejala. Seseorang dapat terinfeksi HPV jauh setelah melakukan hubungan seksual.

Infeksi HPV dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kelamin, meskipun kanker ini tidak umum. HPV juga dapat menyebabkan kutil kelamin pada pria, kanker mulut dan kanker dubur.

Untuk mendiagnosa kutil genital pada pria, dokter akan memeriksa secara visual area genital pria untuk melihat kutil yang tumbuh. Dokter akan membantu mengidentifikasi kutil yang tampak maupun yang tidak tampak dengan beberapa tes laboratorium.
Tidak ada tes rutin bagi pria untuk memeriksa strain HPV resiko tinggi yang dapat memicu kanker, namun beberapa dokter menyarankan tes Pap Dubur, terutama pada Pria yang aktif melakukan aktivitas sex. Dalam tes Pap Dubur, dokter mengambil sel dari anus dan kemudian memeriksa sel tersebut pada laboratorium.
Tidak ada pengobatan Infeksi HPV pada pria bila tidak ada gejala yang timbul.

Anonim mengatakan...
on 

waktu itu saya pernah keputihan berwarna coklat setelah menstruasi dan itu berlansung slm 2 hr berturut2. apakah itu termasuk gejala stadium lanjut kanker serviks ya? tp di kelamin saya ga prnh terasa gatal atau perih. thx

Anonim mengatakan...
on 

Dear Dok, saya pernah keputihan cukup lama sebelum menikah dan setelah menikah, dan beulang-ulang diobati. Kemudian gejala keputihan ini hilang cukup lama, ketika saya hamil anak ke 2 keputihan saya kambuh lagi dan lebih terasa gatal dan mengganggu. Oya saya pernah 2 x papsmear dgn hasil negatif /tidak terinfeksi apapun ( Thanks God ). Awal tahun lalu saya coba imunisasi Anti kanker rahim ( obatnya Gardasil ), namun baru 2 x penyuntikan saya terlanjur hamil, apakah imunisasi 2x tersebut ada pengaruh terhadap antibody kanker ? Apakah pengobatan keputihan selam kehamilan tidak mengganggu perkembangan janin dalam rahim ? Thanks atas informasinya y...

ea mengatakan...
on 

setelah baca2 dari awal sampe akhir, saya bingung itu sama test pap smear >.< maap saya masi awam banget soa ini, saya mau tanya itu pap smear tuh test kek gmn? trus klo mau test itu dimana y? thnx

anita mengatakan...
on 

dear ita,
dokter saya punya masalah kewanitaan, sudah 1 minggu ini saya belum jg menstruasi biasa nya saya ga pernah telat mens tp sejak pertama saya telat mens saya mengalami keputihan & keluar air dari dalam kewanitaan saya dan sejak itu saya jadi sering ganti-ganti celana dalam (1 hari bs 2-3 kali ganti).
yang saya tanyakan adalah....
penyakit apa yg saya alami ini ?? apakah berbahaya / tidak...??
saya sangat menunggu jawaban nya kalau bs secepatnya... makasih ya dok... salam ita

Agil mengatakan...
on 

Maaf karena kesibukan saya kurang dapat mengupdate blog saya ini.

Dear anonim 1 dan 2
Gejala keputihan dibagi 2 kelompok, yakni: gejala Keputihan yang bukan penyakit (non patologis), dan gejala keputihan yang disebabkan penyakit (patologis)

Gejala keputihan bukan karena penyakit:

-Cairan dari vagina berwarna bening
-Tidak berwarna, Tidak berbau, Tidak gatal
-Jumlah cairan bisa sedikit, bisa cukup banyak
-Gejala keputihan karena penyakit:

-Cairan dari vagina keruh dan kental
-Warna kekuningan, keabu-abuan, atau kehijauan
-Berbau busuk, anyir, amis, terasa gatal
-Jumlah cairan banyak
-keputihan tidak menyebabkan Kanker.

Keputihan yang disebabkan penyakit dan dibiarkan tidak diobati sampai lama, adakalanya menyebabkan kemandulan karena penyebaran infeksi.
Sedangkan keputihan yang bukan karena penyakit, tidak menyebabkan kemandulan.

Apapun gejalanya, bila kita mengalaminya, kewaspadaan dini dengan cara bertanya kepada dokter, adalah tindakan yang bijaksana.

PENYEBAB KEPUTIHAN

Seperti halnya gejala keputihan, penyebab terjadinya Keputihan dapat disebabkan kondisi non patologis (bukan penyakit), dan kondisi patologis (karena penyakit)

Penyebab Non Patologis (bukan penyakit):

-Saat menjelang Menstruasi, atau setelah Menstruasi
-Rangsangan Seksual, saat wanita hamil
-Stress, baik fisik maupun psikologis
-Penyebab Patologis (karena penyakit):

-Infeksi Jamur (kebanyakan jamur Candida albicans )
-Infeksi bakteri (kuman E. coli, Sthaphilococcos )
-Infeksi Parasit jenis Protozoa (umumnya Trichomonas -vaginalis )
-Penyebab lain bisa karena infeksi Gonorhoe (GO / Kencing nanah ), dan lain-lain, banyak deh. Bisa pula karena sakit yang lama, kurang gizi, anemia, dan faktor hyegiene (kebersihan).

Ketika Keputihan, apa tindakan Anda ?

-Berupaya mencari pengobatan yang tepat dan benar
-Hindari memakai pakaian ketat dan jaga kebersihan
-Untuk sementara menghindari hubungan badan dan ajak pasangan anda menjalani pemeriksaan bersama
-Tidak mengobati diri sendiri karena kesalahan obat dapat memperberat infeksi
-Pemakaian obat antibiotika, hanya atas anjuran dokter.
-Hindari gonta ganti pasangan
PENCEGAHAN

Bagaimana mencegah Keputihan ?
Di atas sudah disinggung, silahkan simak lagi yang berikut ini:

-J-aga Kebersihan Vagina (bersihkan dengan air bersih, sedangkan pemakaian cairan antiseptik hanya atas saran dokter)
-Hindari celana dalam ketat apalagi yang berbahan nylon, sebaiknya pakai bahan katun dan jangan lupa ganti setiap hari (hihihi apa ada yang ganti seminggu dua kali ya)
-Membasuh atau membilas vagina dari depan ke belakang
-Menghindari duduk di toilet umum (kecuali terpaksa, setelahnya bilas dengan air bersih ….sampai bersih sih sih)
-Ganti pembalut (di kala menstruasi) tepat waktu, dll.

jadi keputihan itu tidak selalu gejala dari kanker, sebenarnya keputihan pada wanita hamil adalah wajar selama itu tidak berwarna dan berbau, pengobatan keputihan selama hamil boleh saja, coba konsultasika dengan dokter yang bersangkutan.

Agil mengatakan...
on 

Dear Ea,
Papanikolaou test atau Pap smear adalah metode screening ginekologi, untuk menemukan proses-proses premalignant dan malignant di ectocervix, dan infeksi dalam endocervix dan endometrium. Pap smear digunakan untuk mendeteksi kanker rahim yang disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. Wanita yang aktif secara seksual disarankan menjalani Pap smear sekali setahun.

CARANYA
Gampang anda datang saja kedokter KANDUNGAN atau Kebagian Kebidanan disuatu Rumah Sakit.
Dokter atau perawat memasukkan speculum ke vagina pasien untuk mengambil sample dari
cervix. Pap smear biasanya tidak dilakukan selama menstruasi. Prosedur ini dapat menimbulkan sedikit rasa sakit, namun hal ini bergantung kepada anatomi pasien, faktor psikologi, dan lain-lain. Sample kemudian diuji di laboratorium dan hasil diperoleh dalam waktu sekitar 3 minggu. Sedikit pendarahan, kram, dan lain-lain dapat terjadi sesudahnya.

HASILNYA

-NEGATIF > artinya tidak ditemukan sel-sel yang berbahaya

-DISPLASIA > ditemukan sel yang menunjukkan perubahan sifat yang dapat mengarah ke KEGANASAN,untuk itu perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan BIOPSI.

-POSITIF > ditemukan sel GANAS

Harus dilakukan BIOPSI untuk memastikan Diag-

nosa.

Agil mengatakan...
on 

Dear Anita,

Terlambatnya mens itu dapat terjadi karena faktor hormon dalam tubuh, untuk lebih jelasnya segera periksakan ke dokter yang bersangkutan, karena apa yang anda alami harus melelui pemeriksaan sehingga dapat diketahui apa sebenarnya yang anda alami tersebut.

Endrik mengatakan...
on 

Dimana perempuan bisa mendapatkan vaksin untuk HPV? Apakah vaksin tersebut mahal? Dan berapa kali vaksin tersebut baik untuk dilakukan sehingga terhindar dari Kanker Cervix?

Crystal X - cara mengobati keputihan pada wanita mengatakan...
on 

Cara praktis dan telah banyak terbukti tentang rahasia ramuan herbal khusus untuk memberantas, mengobati, mengatasi, menyembuhkan, membersihkan, dan mencegah keputihan pada wanita. Kunjungi blog ini: http://mengatasikeputihan.blogspot.com

fitri mengatakan...
on 

mencegah lebih baik dari pada mengobati, untuk mencegah kanker , minumlah jus manggis setiap hari

ika mengatakan...
on 

. apa cara mencegah kanker serviks jika sudah hubungan seks di usia dini .
apakahh kaknker serviks bisa d obati.. tanpa melakukan pemeriksaan pap smear .

Agil mengatakan...
on 

Dear Ika, hubungan seks di usia dini belum tentu dapat mengakibatkan kanker jenis ini. sejauh yang saya ketahui kanker belum ada obatnya namun kaker dapat diobati dengan terapi kemo atau terapi radiasi. untuk mengetahui seseorang terjangkit atau terkena kanker mesti dilakukan pap smear.

Anonim mengatakan...
on 

jika vagina selalu gtal dn mnimbulkan kputihan , apakah bsa d katakan trjadi nya kanker serviks ? mksih

Anonim mengatakan...
on 

saat sy brhbngn intim , kdng slalu mngeluarkan darah . apakah itu slh stu pnyebab kanker srviks ?
mhon d jwab . mksih ..

Anonim mengatakan...
on 

sya mau bertanya, setelah menstruasi selesai vagina sya mengeluarkan keputihan warna agak keruh dan kadang ada warna coklat dalam lendir keputihan tsbt, apakah ini penyakit atau bukan.? terimakasih

Anonim mengatakan...
on 

mau tanya akhir2 ini kalau berhubungan intin dengan suami saya selalu ada keputihan yang menempel di penis nya,dan itu dari vagina saya,dan keputihan itu tidak lazim seperti biasanya keputihan.apa itu jg gejala kangker serviks?

klinikboyke.net mengatakan...
on 

Mencegah kanker serviks dengan tissue kesehatan yang digunakan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim. Dengan formula bebas alkohol, PH balance, dan extract bahan alami, yang menjadikannya sebagai pembasuh yang sangat lembut dan aman, bebas iritasi dan segar sepanjang hari. Tissue Double Majakani (TDM) tersebut rekomendasi Boyke DN (Pakar kesehatan reproduksi) Sertifikasi : POM CA No. 1809.1707.543.

Dewi mengatakan...
on 

pagi Bu,
saya konsultasi, sudah sekitar 1thn belakangan ini di sekitar bibir vagina saya muncul benjolan lunak tapi lama kelamaan membesar & keras dan ada rasa sakit juga gatal, saya sudah periksakan ke dokter umum, dikasih obat antibiotik, setelah minum antibiotik, bejolan itu sedikit sedikit hilang, tapi beberapa bulan kemudia muncul benjolan serupa, dan kali ini muncul lagi benjolan, saya sudah periksakan lagi ke dokter dan dikasih antibiotik lagi dan dokter nya menyarankan saya untuk ke dr. sp. bedah, tapi saya takut, jadi saya hanya minum antibiotik yg dikasih dr. umum saja, tapi baru satu minggu, sudah muncul benjolan lagi di tempat lain (masih sekitar bibir vagina)
pertanyaan saya:
1. kira-kira apa penyakit yang saya derita?
2. berbahaya atau tidak?
3. apa ini yang di sebut kista bartholini?
4. apakah perlu melakukan pembedahan/operasi?

Kanker serviks mengatakan...
on 

Kanker serviks memang perlu mendapat perhatian lebih buat para wanita Indonesia, mengingat Indonesia tergolong dalam negara yang banyak penderitanya. Ditambah lagi pendeteksian yang perlu dengan tindakan khusus (Papsmear), dan kebanyakan diketahui setelah memasuki stadium lanjut. Ayo Perangi kanker serviks ini! Sayangi diri kita dengan mencegahnya...

uti-uti G-spot mengatakan...
on 

mengapa Sex Oral bisa jadi salah satu penyebab kangker rahim?
mohon penjelasannya Dok.....!!

berita kanker mengatakan...
on 

untuk membaca informasi tentang " penyebab kanker kanker leher rahim/ovrium " secara lengkap anda dapat mengunjungi http://www.beritakanker.com/2012/04/07/penyebab-kanker-ovarium/

berita kanker mengatakan...
on 

untuk membaca informasi tentang " penyebab kanker leher rahim/ovarium " secara lengkap anda dapat mengunjungi http://www.beritakanker.com/

Anonim mengatakan...
on 

jika datang bulan,,yang keluar adalah darah disertai lendir atau serbuk berwarna hitam.apakah akibat dari datang bulan seperti itu???dan apa sebab dari halangan seperti itu???

yolandha rieany mengatakan...
on 

ass....dear doc..doc,disaat saya datang bulan hari ini,perut saya dan pinggul saya terasa skit dan yang keluar adalah darah disertai lendir atau semacam serbuk2 yang menempel pada mrs v berwaena coklat menggumpal,,pertanyaan nya adalah..
1.apa penyebab dari halangan seperti itu doc??
2.apakah itu termasuk penyakit??dan jika itu pnykit,pnykit ap it doc
3.apa akibat dari haid seperti itu???
mohon dibalas doc,sekian terimakasih

Anonim mengatakan...
on 

saya mau tanya, di dalam lubang vagina saya seperti ada benjolan daging dan bila diraba terasa apakah itu bisa dikatakan kanker serviks??saya takut sekali...
pinggang saya akhir2 ini sering sakit
terimakasih

diandraazvria18@yahoo.com mengatakan...
on 

Terima kasih artikelnya, salam kenal

Anonim mengatakan...
on 

Test

Anonim mengatakan...
on 

Saya mau tanya..kenapa beberapa hari setelah haid atau 1mgg setelah haid suka ada seperti benjolan d bagian dpan missv saya..dulu saya ada bisul di bagian kanan missv saya lalu saya pencet..beberapa hari kemudian timbul lagi dan pecah sendiri..saya periksakan ke dokter tapi katanya tidak ada apaapa..baru" ini saya ada bisul yang hilang timbul..saya remaja14 tahun...memang 1tahun lalu haid saya tdk lancar..2-3bulan sekali,tapi sekarang sudah lumayan lancar..apa penyebabnya ya??dan apa cara pencegahan/penyebabnya?? Trims.

Anonim mengatakan...
on 

Saya mau tanya..kenapa beberapa hari setelah haid atau 1mgg setelah haid suka ada seperti benjolan d bagian dpan missv saya..dulu saya ada bisul di bagian kanan missv saya lalu saya pencet..beberapa hari kemudian timbul lagi dan pecah sendiri..saya periksakan ke dokter tapi katanya tidak ada apaapa..baru" ini saya ada bisul yang hilang timbul..saya remaja14 tahun...memang 1tahun lalu haid saya tdk lancar..2-3bulan sekali..tapi sekarang sudah lmayan lancar..bentolnya tuh kadang gatal .. kadang perih bila tergesek" celana(karena celana saya kbanyakan ketat)..tapi kalau saya beri alkohol atau dikompres air panas di bentol tersebut..lama" akan mengempis dan rasa gatal/sakit pun hilang..kirakira apa ya penyebabnya ??dan apa solusinya ?? Trims.

ana mengatakan...
on 

Saya ana,
Saya mau tanya apa dampak dari jengger ayam bisa menyebabkan kemandulan?

Anonim mengatakan...
on 

Maaf saya mw tanya,,mengalami nyeri pada bagian antara perut n vagina,,setelah melalukan hubungan,apa salah satu gejala kanker..

Anonim mengatakan...
on 

Maap saya mau tnya..sya sedang hmil 22 mnggu..dan beberapa hari ini ada benjolan di vagina..benjolan itu terasa saat duduk jongkok..kalau terlntang biasa atau duduk biasa tidak terasa..knp ya? Apa efek dari ibu hamil..berbahaya tidak...

Anonim mengatakan...
on 

Dok,gatal pd bibir vagina sampai menimbulkan spt bentol2 dan kadang bentolnya terasa kasar..itu akibat apa ya dok dan apa obat nya?

Anonim mengatakan...
on 

3hr yg lalu saya cek ke dokter kelamin gegara bercak coklat yg kluar smngggu stlh mens tdk kuNjung hilang....saya trdiagnosa hpv.n dianjurkan cek tiap minggunya slma 6x n ga diberi obat hanya antibiotik.saat dicek saya ditetesi cairan(ga tau namanya)yg mmbuat perih saat ditetes n sharian itu.tp knp stlh cek ko bercak coklat berubah mnjadi bnyak ya?bgaimana mnturut anda?

Dio Maikha mengatakan...
on 

Di kepala saya ada bintik2 putih....gmna solusinya dok....apakah bahaya

muhamad alfath mengatakan...
on 

Dok saya ingin bertanya.. Letak Jerawat Kanker serviks itu dmna ya ? Apa Kanker Servixs bisa terjadi jika jerawat di bibir vagina dan apa itu tipe 6 & 11 dst seperti apa contohnya maaf saya kurang mengerti.. Dan 1 lagi apa itu pap smear dan 1 lagi yang dokter bilang.. Saya lupa.. Mohon Tanggapannya dok ? Bisa kirim jawabanny ke Gmail Saya chatgame46@gmail.com
Thanks..

Obat Herbal Nyeri Haid Terbaik mengatakan...
on 

terimakasih banyak, sangat bermanfaat sekali informasinya...

Anonim mengatakan...
on 

Ms,di klitoris bgn bawah dekat liang v ada kyk kutil ,apakh itu jengger ayam??*saking lupa waktu hand sex,terjdi pendarahan.*selai pap smear ,apkh ada ciri2 yg bisa diketahui klo terjangkit kanker servic?

Obat Herbal Benjolan Di Perut mengatakan...
on 

terimakasih banyak, sangat membantu sekali informasinya...

Anonim mengatakan...
on 

Di klitoris ada kondiloma, bgm cara menghilangkannya dan disitu adalah daerah yg sensitif,apakah berbahaya?

Steve Lee Zacky mengatakan...
on 

Nice info, Sangat bermanfaat. Bagi anda yang memiliki masalah penyakit kelamin, anda bisa mengunjungi klinik Apollo untuk melakukan pemeriksaan. Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin yang terletak di daerah Jakarta pusat. bekerja sama dengan berbagai rumah sakit serta klinik Internasional, juga ditunjang peralatan medis canggih serta dokter ahli spesialis yang sudah berpengalaman dibidangnya, anda bisa mengunjungi klinik apollo untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan segera.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan ahli klinik Apollo.
Wartadokter
klinikkesehatan
kesehatankelamin

Poskan Komentar

 

Readers

Facebook Reader

Check PageRank
Add to Technorati Favorites


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?