Ciri dan Gejala Kanker Pada Anak

Kanker, apa yang ada di benak anda apabila mendengar kata Kanker, tentu anda membayangkan suatu penyakit yang sangat ganas, mengerikan dan kecil kemungkinan untuk sembuh. Memang kanker adalah salah satu penyakit pembunuh terbesar di dunia, kasus-kasus Kanker di dunia tidak hanya menyerang orang dewasa saja akan tetapi pada anak-anakpun resiko terkena kanker tetap ada, diperkirakan dari seluruh kasus Kanker 2% hingga 4% meyerang anak-anak, hal ini menyumbangkan 10% kematian pada anak-anak. Di Indonesia sendiri menurut data-data yang ada ditemukan rata-rata sekitar 4.000 pasien Kanker anak yang baru setiap tahunnya.

Belum diketahui pasti apa penyebab Kanker pada anak-anak. Contoh yang nyata adalah Kanker yang menyerang pada bayi-bayi yang baru dilahirkan, para ahli menduga bahwa hal ini berhubungan dengan penyimpangan pertumbuhan sel yang diakibatkan cacat Genetika di dalam kandungan. Pada anak yang lebih besar para ahli menduga pemicunya adalah faktor dari lingkungan dan makanan yang dikonsumsi yang tidak sehat yang banyak mengandung bahan-bahan kimia tambahan, atau pemicu dari Kanker ini adalah dikarenakan Radiasi dan Infeksi Virus, atau bisa pula perpaduan antara faktor-faktor tersebut diatas.
Kasus Kanker yang terjadi pada anak-anak yang paling banyak adalah kasus Kanker Darah atau dalam ilmu medis disebut Leukemia, kasus Kanker ini mencapai antara 25%-30% dari seluruh kasus Kanker pada anak-anak. Kemudian kasus-kasus Kanker yang lainnya adalah Retinoblastoma (Kanker Retina Mata), Limfoma (Kanker Kelenjar Getah Bening), Neuroblastoma (Kanker Saraf), Tumor Wilms (Kanker Ginjal), Rabdomiosarkoma (Kanker Otot Lurik), dan Osteosarkoma (Kanker Tulang).

Sama halnya seperti kasus-kasus Kanker pada orang dewasa, Kanker pada anak-anakpun kemungkinan besar dapat disembuhkan apabila dapat di deteksi dan ditemukan dalam stadium dini. Namun melakukan deteksi Kanker pada anak memang cukup sulit dan tidak mudah, hal ini dikarenakan anak-anak belum dapat memahami dan menceritakan gejala-gejala yang dirasakan. Maka dari itu peran dari orang disekitarnya sangatlah penting, guna mendeteksi gejala-gejala yang timbul.
Hal-hal yang perlu diketahui mengenai gejala-gejala Kanker yang timbul pada anak-anak menurut beberapa sumber :

1. Kanker Darah (Leukemia)
Gejala-gejala yang perlu diketahui dan diwaspadai serta sering ditemukan pada Kasus Leukemia antara lain adalah; Wajah Pucat, Lemah, Demam yang tidak jelas sebabnya dan tidak dapat sembuh oleh Antibiotik, pendarahan yang tidak jelas sebabnya, permukaan pada kulit berubah dan tampak lebam biru kehitaman walaupun tidak terbentur, terasa Nyeri pada anggota gerak (tulang), perut bengkak dank eras, pembesaran pada kelenjar getah bening.

2. Kanker Otak
Gejala yang perlu diwaspadai adalah; sakit kepala yang apabila semakin lama semakin berat, disertai mual hingga muntah yang seakan-akan menyemprot yang diakibatkan tekanan dari dalam kepala yang meningkat. Hal ini dapat pula disertai dengan gangguan bicara, gangguan pada penglihatan, gangguan pada keseimbangan, kejang-kejang, kesadaran menurun, bahkan dapat terjadi perubahan prilaku. Cirri-ciri khusus apabila kasus ini terjadi pada bayi adalah ubun-ubunnya yang tampak menonjol.

3. Kanker Retina Mata (Retinoblastoma)
Kanker ini diperkirakan banyak menyerang bayi-bayi yang berusia 6 bulan – 2 tahun. Gejala-gejala yang timbul antara lain adanya bercak putih pada bagian tengah mata yang seolah-olah bersinar apabila terkena cahaya (seperti mata kucing). Gejala lain yang timbul adalah terganggunya penglihatan, juling mendadak, pada stadium lanjut bola mata menonjol keluar.


4. Kanker Kelenjar Getah Bening (Limfoma Maligna)
Pada kanker jenis ini kebanyakan menyerang anak-anak usia 5-7 tahun, para orang tua harus waspada bila terjadi pembengkakan progresif kelenjar-kelenjar getah bening di leher, ketiak, dan usus tanpa disertai radang dan rasa nyeri. Apabila pembengkakan ini terjadi pada usus maka dapat menyebabkan sumbatan pada usus terkait dengan gejala sakit pada bagian perut, muntah-muntah, tidak bisa buang air besar disertai demam. Apabila pembengkakan tumbuh disekitar dada maka hal ini dapat menyebabkan terdorongnya atau tertekannya saluran nafas sehingga penderita akan mengalami sesak nafas, rona muka menjadi biru dan selain itu si penderita tampak lemah, lesu disertai nafsu makan yang menurun.


5. Kanker Saraf (Neuroblastoma)
Kanker jenis ini dapat terjadi di berbagai bagian tubuh manusia. Pada anak-anak paling sering terjadi di dekat ginjal, daerah pinggang, leher dan rongga dada, serta mata. Bila terjadi pada daerah mata hal ini dapat menyebabkan bola mata menonjol keluar, kelopak mata bengkak dan berwarna biru atau kelopak mata turun, dan pupil melebar. Bila terdapat di tulang belakang, dapat menekan saraf tulang belakang dan mengakibatkan kelumpuhan yang cepat. Penyebaran pada tulang dapat menyebabkan patah tulang tanpa sebab, tanpa nyeri, sehingga penderita mendadak pincang. Gejala lain adalah muncul benjolan-benjolan di kepala, atau perut membesar dan keras.

6. Kanker Ginjal (Nefroblastoma)
Nefroblastoma atau sering disebut Tumor Wilms ini paling banyak menyerang anak usia antara 3-4 tahun, tapi dapat pula menyerang bayi yang baru lahir. Gejalanya ditandai dengan kencing berdarah, rasa tidak enak di perut, dan bila sudah cukup besar perut tampak membesar dan bila diraba terasa keras.

7. Kanker otot (Rabdomiosarkoma)
Kanker jenis ini dapat menyerang otot manusia dimana saja, pada anak biasanya lebih sering menyerang pada daerah kepala, leher, kandung kemih, prostate, dan vagina. Gejala yang ditimbulkan oleh Kanker ini tidak sama tergantung dari letak kanker tersebut, apabila terjadi di rongga mata, dapat menyebabkan mata menonjol keluar, dan benjolan di mata. Bila di telinga dapat menyebabkan nyeri atau keluarnya darah dari lubang telinga. Di saluran kemih menyebabkan gangguan berkemih. Jika mengenai otot lurik anggota gerak, menimbulkan pembengkakan.


8. Kanker Tulang (Osteosarkoma)
Kanker ini biasanya lebih sering menyerang anak usia antara 10-20 tahun. Kanker ini dapat menyerang setiap bagian tulang, namun yang paling banyak ditemukan adalah yang menyerang tungkai lengan dan pinggul, hal ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri dan pembengkakan pada tulang. Kadang didahului benturan keras, contohnya seperti tiba-tiba jatuh yang tidak jelas penyebabnya

Para orang tua sebaiknya lebih jeli dalam mengawasi tumbuh kembang putra-putrinya, apabila menemukan gejala-gejala seperti di atas pada bayi dan anak-anak anda, segera konsultasikan pada dokter. Pengobatannya pada dasarnya sama dengan orang dewasa, yaitu kombinasi antara operasi, kemoterapi, radiasi, dan transplantasi sumsum tulang.

Sedang untuk upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah, para ibu hamil sebaiknya menghindari radiasi, menghindari polusi dan asap rokok, selalu menyantap makanan sehat dan menghindari makanan yang mengandung bahan-bahan kimia tambahan, dan mengandung pengawet, mengurangi konsumsi lemak, serta membiasakan anak-anak untuk hidup sehat.

(Sumber : Rumahkanker.com)


Comments :

24 Comment to “Ciri dan Gejala Kanker Pada Anak”
Anonim mengatakan...
on 

sudah bagus...tapi masih kurang detAil...

Anonim mengatakan...
on 

aku seorang remaja usia 17 tahun, ahir ahir ini saya sering mengalami getaran(seperti kesemutan) pada kakidan tangan secara bergantian apakah ini juga tanda tanda adanya gangguan pada organ tubuh?

Agil mengatakan...
on 

Dear anonim, apa yang anda rasakan belum tentu ada kelainan pada organ tubuh (bagian dalam), banyak faktor terjadinya hal seperti itu antara lain adanya kelainan pada otot seperti otot yang kejepit atau tidak lancarnya peredaran darah pada tubuh. coba untuk memeriksakannya ke dokter yang bersangkutan untuk mengetahui lebih lanjut.

arie mengatakan...
on 

anak saya umur 2,6 bulan, sudah 1 bulan ini matanya bengkak, mata tidak menonjol keluar, awalnya seperti bintitan di sebelah kanan, sekarang kedua matanya bengkak, tidak merah, tidak sakit, tidak gatal. apa ini pertanda serius ?

Agil mengatakan...
on 

Dear Arie, sulit bagi saya untuk mengira apa yang terjadi pada anak anda, ada banyak kemungkinan bisa jadi karena infeksi, iritasi atau penyumbatan saluran air mata dan masih banyak faktor lain mengenai penyakit mata pada bayi. segera konsultasikan pada dokter untuk lebih jelasnya.

Minsaeng mengatakan...
on 

saya ingin tanya:
-sbenarnya kanker adlh virus,kelainan,atau apa?
-kanker apa saja yg blum bsa dsmbuhkan?
-kanker apa yg gejalanya pling sulit dlihat?
Trims. ^ ^

Anonim mengatakan...
on 

beberapa minggu ini saya sering merasa sakit kepala. rasanya nyut-nyutan . apa ini sakit kepala biasa atau ada sesuatu yang lain?

Agil mengatakan...
on 

Dear Minsaeng, Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan dan pembelahan sel yang abnormal, terjadi secara terus-menerus, dan dapat menyebar (metastasis). Dalam pertumbuhannya sel-sel kanker tersebut bersifat menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh disekitar sel-sel kanker tersebut.
Penyebab kanker bermacam-macam, diantaranya adalah karena zat karsinogen, zat karsinogen dapat merusak DNA di dalam sel tubuh manusia. Beberapa zat karsinogen dan beberapa penyebab kanker adalah antara lain, Asap rokok, Gas hasil pembuangan industri, bahan kimia, radiasi ultra violet, Virus, dan masih banyak lagi penyebab kanker lainnya.
Pada dasarnya penyakit kanker belum ada obatnya yang bisa menyembuhkan akan tetapi untuk menghancurkan sel-sel kanker biasanya dilakukan Kemoterapi dan sejenisnya.
Gejala kanker pada tiap individu tentunya berbeda tergantung dari jenis kanker yang diderita dan daya tahan tubuh si penderita. Jadi gejala kanker hanya dapat diketahui dari pemeriksaan dokter yang seksama.

Dear Anonim, sakit kepala yang berlebihan tentu dapat terjadi karena berbagai macam sebab,tingkat stress yang tinggi-pun dapat menyebabkan sakit kepala yang berlebihan. apabila anda bertanya ada sesuatu yang lain saya tidak bisa menjawabnya karena gejala yang tidak spesifik yang anda sebutkan. coba konsultasikan dengan dokter terdekat mengenai sakit kepala anda.

Dede dolphin mengatakan...
on 

sieun aink

Anonim mengatakan...
on 

saya berumur 18 tahun , saya mengalami demam tinggi, batuk dan flu.. kemudian timbul benjolan di leher kanan, dan juga di belakang kuping (lebih kearah medial), kemudian saya ke dokter specialis, saya di berikan cataflam dan antibiotik. (antibiotik yang diberikan meningkat dosisnya). benjolan mengempis, tapi tidak hilang. apa yang harus saya lakukan?

Anonim mengatakan...
on 

Apakah mimisan terus menerus salah sat gejala Kanker darah??

Anonim mengatakan...
on 

*Apakah mimisan terus menerus salah satu gejala Kanker darah.. (Ralat yg tadi)

Anonim mengatakan...
on 

saya perempuan berumur 16th,kalo sering sakit di bagian hidung, terus sampai terasa di daerah kepala dekat alis di sebelah kiri dan kejadian itu terus menerus terjadi dalam jangka waktu lama, apa itu kanker??
dan tolong jelaskan apa perbedaan kangker,tomor,dan kista??

Anonim mengatakan...
on 

selamat malam. saya viena. jujur sbelum'a saya belum pernah membaca artikel ini. setelah saya membaca'a saya lmyn paham ttng pnyakit ini. dan saya pun ingin menanyakan sesuatu ttng gejala" yg sering saya alami blakangan ini.. sya memang mempunyai penyakit darah rendah, jdd saya sering sekali mengalami pusing tiap hari'a.. tpp akhir" ni saya sering drop atau sakit, tpp flu sprti batuk dan pilek tdk hilang" dri saya meskipun kini panas saya sudah turun... trz jgga tulang saya terasa ngilu, prut saya terasa membengkak, dan sering tdk brnapsu utk makan karna perut saya terasa sangat mual. sbnr'a msh banyak gejala2'a cuma saya pikir ini jga trllu kepanjangan :) , saya minta jawaban'a yah .. secepat'a. saya tunggu jawaban'a . terimakasih ^_^

zShara Aurora mengatakan...
on 

saya berumur 15 tahun, saya anemia, sering batuk, dan nyeri pada tulang. sya menganggap hal itu bisa karena aktifitas yang lumayyan padat.
apakah saya benar mengabaika hal tsb?

Anonim mengatakan...
on 

Sya brumur 20thn,,sya sering merasa nyeri d perut bagian kanan,,tepat ny d bagian rusuk terakhir,,dan sya sering merasa pegel d daerah punggung yg menjalar k bwah tp itu hnya d bagian kanan sja,,brtanda apakh itu?mhon jwban ny.thx

Anonim mengatakan...
on 

saya berumur 15 tahun,, beberapa bulan terakhir, saya sering merasa pusing di bagian kepala kiri, khususnya dekat alis dan kadang" di atas telinga dan kepala belakang bagian kiri, pernah sakit itu ngga hilang selama 2 hari, sering jg merasa mual tapi ngg sampek muntah. mata saya memang minus dan silinder, tapi ngg bergitu besar, ngg sampe satu. Telinga saya akhir" ini sering budek n trsumbat sama cairan putih, kira" itu gejala kanker bukan?

Anonim mengatakan...
on 

saya berumur 17tahun, akhir2 ini saya sering merasakan sakit pada kedua mata saya..
apakah ini juga bisa disebut dengan kanker..
setiap mulai sakit, dari perih, dan sembuhnya agak lama..

Obat Herbal Kanker Darah mengatakan...
on 

ini informasi yang bermanfaat ..

Obat herbal Kanker Lambung mengatakan...
on 

Informasi yang bagus , ,

Obat Herbal Kanker Darah mengatakan...
on 

artikel dan informasi yang bermanfaat :))

Obat Herbal Tukak Lambung mengatakan...
on 

Apapkah mimisan adalah gejala dari kanker darah ??

Kanker Rabdomiosarkoma mengatakan...
on 

jika ad ciri2 sprti diatas sekiranya langsung ngecek ke dokter spesialis.. atau diagnosa awal dulu saja... mencegah lbh baik dri pada mengobati... :)

jika ingin mengetahui mengenai kanker bsa berkunjung ke blog saya jga :D

Lovelylune Anna mengatakan...
on 

saya ingin bertanya, anak dr teman saya di diagnosa terkena penyakit tumor mata.
tp dr ciri2 yang saya dapat di internet termasuk tulisan anda, berbeda dgn apa yg ia alami.
usianya belum genap 1 tahun, sejak lahir terdapat tanda titik merah di bagian mata kanan anak tersebut, dan beberapa hari lalu bagian tersebut mengeluarkan darah alias pendarahan, tidak berhenti2..
apakah gejala tumor pada mata anak berbeda2 pada tiap penderita, atau ini merupakan kasus baru??

saya juga mohon doa untuk semua pembaca, semoga operasi yang besok insyaallah dijalankan (jumat, 1 maret 2013), dilancarkan, dan anak tersebut bisa kembali sehat.
juga dimudahkan prosesnya, ia akan menjalankan operasi menggunakan jamkes DKI di RS tempat dera (bayi yg alih2 terabaikan di rumah sakit tersebut akibat keterbatasan ruangan), semoga anak temanku ini diberi pelayanan yang baik juga manusiawi.
terimakasih.

Poskan Komentar

 

Readers

Facebook Reader

Check PageRank
Add to Technorati Favorites


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?