Gatotkaca adalah Robot?

Banyak diceritakan bahwa teknologi-teknologi pada masa lampau sudah sangat maju, hal ini berdasarkan banyaknya penemuan-penemuan masa lampau yang mengherankan para ahli. Banyak sekali hal-hal dan penemuan-penemuan aneh yang mengherankan para Ahli Arkeologi malah cenderung tidak mungkin apabila hal-hal tersebut terjadi atau penemuan-penemuan yang tidak mungkin dapat dibuat oleh manusia pada jaman lampau. Salah satu contoh yang sangat menherankan adalah pernah ditemukannya Reactor Nuklir Purba, atau adanya Radiasi Nuklir yang terpancar di suatu daerah di India, berbagai spekulasi-pun terlontar salah satunya adalah Radiasi tersebut berhubungan dengan suatu perang nuklir maha dasyat pada Jaman kerajaan masa lalu yang disebut Perang Baratayudha. Sungguh hal yang tidak bisa dipercaya bukan?. Konon banyak sekali teknologi-teknologi canggih yang digunakan pada perang tersebut, seperti; piring terbang, misil dan roket berhulu ledak Nuklir, bahkan senjata laser.

Ada satu kisah yang menggelitik pemikiran saya, yaitu kisah tentang seorang Ksatria yang dikenal dengan Gatotkaca, cerita tentang tokoh yang satu ini sangat melegenda dan sungguh tidak asing lagi di kalangan pecinta kesenian Wayang. Namun bukan keperkasaan dan kesaktian tokoh ini yang saya kagumi, lebih dari itu pemikiran saya melayang dan hinggap di satu pertanyaan, “apa mungkin Gatotkaca itu adalah Robot?”. Pertanyaan yang sungguh bodoh mungkin!. Namun apabila melihat dari penemuan-penemuan yang sangat aneh seperti disebut diatas, mungkin saja memang Gatotkaca ini adalah sebuah robot. Mari kita sama-sama berkhayal tentang tokoh yang satu ini.

Dikisahkan menurut versi Mahabharata, Gatotkaca adalah putra Bimasena dari keluaga Pandawa yang lahir dari seorang raksasa perempuan bernama Hidimbi. Hidimbi sendiri merupakan raksasi penguasa sebuah hutan bersama kakaknya yang bernama Hidimba. Dalam pewayangan Jawa, ibu Gatotkaca lebih terkenal dengan sebutan Arimbi. Menurut versi ini, Arimbi bukan sekadar penghuni hutan biasa, melainkan putri dari Kerajaan Pringgadani, negeri bangsa raksasa.

Nah menurut saya Gatot kaca bukan lahir dari hasil perkawinan Bimasena dan Hidimbi (Arimbi), melainkan diciptakan oleh Bimasena dan Hidimbi. Coba bayangkan Bima yang jago perang bukan tidak mungkin mendesain sebuah mahakarya yang bisa digunakan di medan perang, sesuatu yang kuat dan bisa menjadi momok yang menakutkan bagi musuh, maka dia mendesain sebuah rancangan robot. Dan Hidimbi-lah yang menyempurnakan rancangan tersebut, Hingga menjadi sempurna (menjadi robot seperti Film Terminator kali ya). Hidimbi sendiri dikisahkan adalah seorang raksasa penguasa sebuah hutan, ah… menurut saya kayanya itu adalah kiasan, raksasa identik dengan besar kan? Nah mungkin hal ini bukan raksasa sebenarnya tetapi Hidimbi adalah keturunan dari bangsa yang besar (genius, pemikir, pintar, dll).

Dikisahkan selanjutnya si Gatotkaca ini dimasukan ke sebuah kawah yang benama kawah Candradimuka, di Gunung Jamurdipa. Para dewa kemudian melemparkan berbagai jenis senjata pusaka ke dalam kawah. Beberapa saat kemudian, Tetuka (Gatotkaca) muncul ke permukaan sebagai seorang laki-laki dewasa. Segala jenis pusaka para dewa telah melebur dan bersatu ke dalam dirinya. mungkin kawah inipun hanya kiasan saja, dan mungkin yang sebenarnya adalah sebuah pengecoran logam, atau sebuah pabrik baja, coba lihat di pengecoran logam, besi-besi yang meleleh akibat pemanasan, bergejolak seperti kawah lava kan?, dan para dewa yang melemparkan senjata senjata adalah para ilmuwan dan ahli senjata yang memasang dan merakit si Gatotkaca ini. Dan setelah slesai maka jadilah Ia sebuah robot menyerupai lelaki dewasa (bener-bener kaya Film Terminator cuman yang ini dilengkapi dengan senjata-senjata yang nempel di tubuhnya). Dan bukankah si Gatotkaca ini mempunyai Urat Kawat Tulang Besi (bener kan! Ini adalah ciri khas dari robot yang mempunyai rangka besi dan pensuplai energi berupa kawat/kabel kawat).

Dikisahkan pula bahwa Gatotkaca mempunyai baju terbang yang dinamakan Kotang Antrakusuma. Kisahnya adalah sebagai berikut. Ketika perang Baratayudha meletus, Abimanyu (dari pasukan Pandawa) tewas dikeroyok para Korawa pada hari ke-13. Esoknya pada hari ke-14 Arjuna berhasil membalas kematian putranya itu dengan cara memenggal kepala Jayadrata. Duryudana sangat sedih atas kematian Jayadrata, adik iparnya tersebut. Ia memaksa Karna menyerang perkemahan Pandawa malam itu juga. Karna pun terpaksa berangkat meskipun hal itu melanggar peraturan perang. Mendengar para Korawa melancarkan serangan malam, pihak Pandawa pun mengirim Gatotkaca untuk menghadang. Gatotkaca sengaja dipilih karena Kotang Antrakusuma yang ia pakai mampu memancarkan cahaya terang benderang. Munurut saya Kotang Antrakusuma ini semacam roket yang disangga di punggung, coba deh bayangkan robot-robot yang bisa terbang kebanyakan pendorongnya adalah semacam roket yang ada di punggung, bener ngga?, lalu Kotang Antrakusuma tersebut bisa memancarkan cahaya, yah iyalah, karena memang itu adalah semacam roket. Sebenarnya bila dirunut masih banyak lagi hal-hal yang identik dengan robot yang ada pada diri Gatotkaca ini, tapi mungkin sebaiknya cukuplah sampai disini dulu, silahkan anda yang berimajinasi sendiri.

Yah... mungkin ini hanyalah pendapat belaka dan hanya hayalan semata, tapi bayangkan apabila memang benar bahwa Gatotkaca itu adalah sebuah Robot, wuihhhhhhhh…. Alangkah majunya peradaban pada masa itu. Yah memang cerita tentang perang dahsyat Baratayudha-pun belum tentu pernah terjadi, namun walau begitu hal tersebut banyak meng-inspirasi dan memberi banyak pelajaran bagi peradaban manusia jaman sekarang.

Yang baik biarlah menjadi baik, yang buruk biarlah menjadi buruk…. Lalu… terserah kita mau memilih yang mana!!.



Comments :

27 Comment to “Gatotkaca adalah Robot?”
aLi riDh0 AsseGaF mengatakan...
on 

wau hanya bisa memandang

Forlan mengatakan...
on 

yah katanya sih gatotkaca tuh cyborg bisa jadi sih. dulu konon katanya ada bangsa yang memiliki peradaban lebih maju dari bangsa sekarang wallahu 'alam

Anonim mengatakan...
on 

walah imaginasi manusia gak ada kerjaan... kalo memang gatotkaca itu robot perang... kanapa cuma buat satu aja.... kalao memang jaman dulu udah maju, tentunya industri juga gak kalah maju, and so pasti robot perang kayak gitu pasti dibuat banyak.... n Mahabarata itu aja cuma legenda.... belum tentu ada perang macam itu.... karena tidak tercatat sebagai cerita sejarah India sendiri.... dan bukan fakta sejarah.......

ngaco--cngaco...

Anonim mengatakan...
on 

ngawur...
gatutkaca di india tuh nggak ada...
gatutkaca tuh sosok dan karakter yang di munculkan di cerita pewayangan jawa thok...
coba sampeyan cari.., di India ada nggak punokawan (semar, petruk, gareng) ?

Anonim mengatakan...
on 

knpa byk orang lupa dengan sejarah ya.... sejarah seperti sesuatu yang terpenggal..

squ3eze mengatakan...
on 

sejarah tanpa misteri pasti sangat membosankan

Anonim mengatakan...
on 

gw setuju klo sejarah tanpa misteri n konspirasi pst negbosenin parah..
hahaha...
klo menurut gw gatotkaca bkn robot...
tp dr cerita itu ngbuktiin org jaman baheula pun udah bepikiran maju...
mrk aja mampu berkhayal n ngebuat legenda ttg apa yg telah ada jaman skrg yaitu teknologi...
mgkn org dulu blm bsa mengaplikasikan pikiran mrk,tp gw salut utk jaman itu mrk udah berpikiran spt itu..
ga kaya jaman skrg qta malah menjadi lbh primitif cr berpikirnya..
betul ga??...

Anonim mengatakan...
on 

Gw setuju banget, tapi gw sih berpikiran kalo emang orang orang jaman dahulu itu emang genius-genius, apa kita udah lupa ama Pyramid di mesir ampe sekarang aja masih jadi misteri tuh cara pembangunannya dan untuk apa tujuannya belum bener ada yang pasti, terus jaman Nabi-Nabi dahulu, jaman Nabi Daud yang bisa lumerin logam (berarti dah ada teknologi Tempa Logam kan) terus jaman Nabi Sulaiman yang udah ada teknologi bangun ruang yang dahsyat bahkan dah bisa teleportasi (mindahin singgasana ratu balqis kalo ga salah kan?), terus jaman Nabi Nuh, coba bayangkan orang-orang pada jaman itu malah mempertanyakan kenapa Nabi Nuh bangun perahu di daratan bukan mempertanyakan teknologi yang dipakai untuk membangun perahu yang segede ablag gitu, nah berarti teknologi pembangunan seperti itu wajar pada masa itu. nah terbukti kan bahwa peradaban jaman dahulu itu emang maju banget. yah tapi semua orang berhak ko berpendapat mumpung pendapat itu gratis... hehehehe, bagaimanapun perbedaan pandang dan pola pikir itu baik ko, dan itulah yang menjadikan dunia ini hidup, tul ngga?

Anonim mengatakan...
on 

Hidupkan imajinasimu....

HIDUP...!

Jody mengatakan...
on 

nice posting bro!

Abdul Malik Mughni, mengatakan...
on 

hmm, menarik, tapi pabrik baja tempo dulu kaya gimana ya?

Anonim mengatakan...
on 

Sangat Setuju....
Gathotkaca emang Robot, Ibunya raksasi to, berarti dari kaum Transformer...
hihihihi....

Anonim mengatakan...
on 

imajinasi tingkat tinggi nih...

Anonim mengatakan...
on 

http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Ghatotkacha_-_Abhimanyu.jpg

dari india juga lho om,,,

limbas mengatakan...
on 

saya menerima segala kemungkinan. yang skeptis yang cuma mengandalkan logika (aka: terbatas) you better wake up !

Anonim mengatakan...
on 

rada ngawur sih, tapi kalau tidak berkhayal yang asik-asik sepi, membosankan...
jangankan kisah masa lampau, hidup manusia sendiri aja masih misteri.

mungkin aja gatotkaca robot perdana pada masa lampau jadi baru bisa bikin satu.

wakakakak........

Anonim mengatakan...
on 

Penyelidikan lebih jauh, ternyata Gatotkaca itu sejeniks dengan Astroboy

Anonim mengatakan...
on 

ember,hahaha..., thank dah bikin otak gw fresh.

Anonim mengatakan...
on 

Asslmalaikum..anak cucuku,..Percayalah.,bhw ddunia ni yg ktny drtn atlantis adalah dindonesia!!?dhulu,raja2 mnybutnya NUSANTARA, bangsa yg sakti!!dmn tdk ad yg bsa melebihi bangsa kita pd wkt itu".knapa=
1.mistik
2.ddmit dkk
3.padang pasir
4.salju
5.emas,perak,prunggu,timah,intan,berlian dll
6.suku+bhsa,
7.gunung purba-krakatau
8.dragon-komodo
9.borobudur
0.kawah warna-wrni,dll
SEMUA ITU ADA DI NEGARA INI!!,..
*
*satu lagi whai anak cu2ku,"bangsa belanda yg ktanya menurut sejarah datang dn menjajah!!adalah Tidak benar!!?knpa?.
*Yg bnr justru adalah=mereka datang k nusantara ini sebagai UNDANGAN DARI PERSATUAN RAJA2 KITA DAHULU,..bila krn tdk d undang,tdk akan dn tdk akan pernah bangsa lain berani dgn sengaja/secara sadar berani menjajah NUSANTARA/ATLANTIS/INDONESIA ini,.."
tp knpa kita akhirnya sempat di ja2h jg oleh mereka"..
*keserakahan
*brlainan suku adat,
*di adu domba!?? Lho??
Lah iyaa..mereka bangsa belanda baru bisa memperdaya Nusantara ini setelah=KEBER-AKHIRAN KERAJAAN TERAKHIR TERKUAT NUSANTARA,"MAJAPAHIT",.dan dimana para raja2,orang2 sakti leluhur kita itu telah mendapatkan pencerahan"mereka,untuk menuju,mendekat pada sangMaha PENCIPTA ALLAH SWT,'...Dimana dn disaat itu pula tabir2 kegelapan,kemistisan dr nusantara/atlantis ini berangsur2 tertembus oleh Nur ILAHI,.yg berangsur2 terbukanya tabir2 dari nusantara/atlantis ini,.sprti=
1.masuknya islam prabu Siliwangi dn prabu Kian Santang bersama para pertapa2 dn penjaga2 panglima/ksatria2 sakti yg bertapa guna mendkatkan diri pd sang Pencipta
2.masuknya para sunan,syekh/orang2 berilmu
3.msk islam raden Said=sunan kalijaga
4.awal2 dgn meledaknya gunung purba/dewa/gn.atlantis dmn terkuburnya Borobudur dn bnyk menenggelamkan daratan2 menjadikanya pulau2 yg terpecah pecah dgn banyakny selat2,
maaf eyang sudahi dulu krn ini sdh jauh membuka tabir2 jaman dulu...lain waktu eyang sambung lg krn bnyk yg belum dceritakan kpd kalian,anak cucuku...ass wrb,.. atlantis adalah dindonesia!!?dhulu,raja2 mnybutnya NUSANTARA, bangsa yg sakti!!dmn tdk ad yg bsa melebihi bangsa kita pd wkt itu".knapa=
1.mistik
2.ddmit dkk
3.padang pasir
4.salju
5.emas,perak,prunggu,timah,intan,berlian dll
6.suku+bhsa,
7.gunung purba-krakatau
8.dragon-komodo
9.borobudur
0.kawah warna-wrni,dll
SEMUA ITU ADA DI NEGARA INI!!,..
*
*satu lagi whai anak cu2ku,"bangsa belanda yg ktanya menurut sejarah datang dn menjajah!!adalah Tidak benar!!?knpa?.
*Yg bnr justru adalah=mereka datang k nusantara ini sebagai UNDANGAN DARI PERSATUAN RAJA2 KITA DAHULU,..bila krn tdk d undang,tdk akan dn tdk akan pernah bangsa lain berani dgn sengaja/secara sadar berani menjajah NUSANTARA/ATLANTIS/INDONESIA ini,.."
tp knpa kita akhirnya sempat di ja2h jg oleh mereka"..
*keserakahan
*brlainan suku adat,
*di adu domba!?? Lho??
Lah iyaa..mereka bangsa belanda baru bisa memperdaya Nusantara ini setelah=KEBER-AKHIRAN KERAJAAN TERAKHIR TERKUAT NUSANTARA,"MAJAPAHIT",.dan dimana para raja2,orang2 sakti leluhur kita itu telah mendapatkan pencerahan"mereka,untuk menuju,mendekat pada sangMaha PENCIPTA ALLAH SWT,'...Dimana dn disaat itu pula tabir2 kegelapan,kemistisan dr nusantara/atlantis ini berangsur2 tertembus oleh Nur ILAHI,.yg berangsur2 terbukanya tabir2 dari nusantara/atlantis ini,.sprti=
1.masuknya islam prabu Siliwangi dn prabu Kian Santang bersama para pertapa2 dn penjaga2 panglima/ksatria2 sakti yg bertapa guna mendkatkan diri pd sang Pencipta
2.masuknya para sunan,syekh/orang2 berilmu
3.msk islam raden Said=sunan kalijaga
4.awal2 dgn meledaknya gunung purba/dewa/gn.atlantis dmn terkuburnya Borobudur dn bnyk menenggelamkan daratan2 menjadikanya pulau2 yg terpecah pecah dgn banyakny selat2,
maaf eyang sudahi dulu krn ini sdh jauh membuka tabir2 jaman dulu...lain waktu eyang sambung lg krn bnyk yg belum dceritakan kpd kalian,anak cucuku...ass wrb,..

Anonim mengatakan...
on 

wah last post thun lalu ya, maaf kalo sy buka2 thread lama, sy stuju sepenuhnya kalo Gatotkaca adalah robot tapi masalahnya apakah beliu itu Cyborg(manusia degnan tubuh mekanik/robot), Droid(Robot full mekanik dengan AI yang canggih) atau malah Mecha(robot super raksasa yang bisa dipiloti) karena dalam salah satu bagian cerita ada beberapa orang (4 atau 5 kalo tak salah)yang bergabung dengan gatotkaca sehingga beliau jadi jauh lebih kuat,
nah kalo ga salah ada yang nyebut ga ada Gtotkaca di India? mungkin disana disebut dengan nama aslinya, Wishny Tutuka, dan menurut seorang narasumber yang sebaiknya ga kusebutkan, Wisnu adalah ajaran utama dari bangs Lemuria atau MU yang mendiami Nusantara dimana sebagian kcil dari wilayhnya adalah Indonesia (bukan Atlantis karena Atlantis justru menyerbu MU untuk menguasai Nusantara) berdasar info ini mungkin Gatotkaca bukan ga mau dibuat hanya 1 didunia tapi bangsa Rama ga sanggup untuk me-mass product gatot kaca karena menggunakan tekhnologi MU, sedangkan bangsa MU sendiri merupakan bangsa cunta damai yang bahkan ga kepikiran ngebuat alat perang kek Gatotkaca yang dipesan oleh Bima sebagai senjata perang.
nah berpindah dari gatotkaca ada 1 arakter lagi yang membuat sy penasaran, bukan Hanuman karena dy jelas2 merupakan hasil rekayasa genetik (teknologi yang banyak dipakai dewa-dewi bansa barat spt romawi-yunani-norsk & mesir) tapi dewa pengethuan Ganesh, memang menurut penelitian daya ingat dan emansipasi gajah terbilang tinggi, tapi bisakah seperti Ganesha? menurut pendapat sy pribadi Ganesh adalah sebuah Unmand Tank yg digunakan untuk keperluan explorasi dan penelitian, memiliki 4 extended arm dan sebuah cannon untuk melindungi diri, lalu serig digambarkan duduk bersila kaena pada sat diceritakn kembali tidak ada padana kata yang tepat untuk kata 'parkir'
yah kurasa sekian dulu silakan komentari sepuasnya

elyas mengatakan...
on 

waaaaah seandai'y ad orang indonesia yg berani & kreatif, peduli sma budaya, kisah2 cerita purbakala nusantara kita bisa di jadikan sebuah film, dengan efek2 canggih bisa menjadi sebuah karya yg maha dahsyat,, gua yakin bisa ngalahin dominasi film2 super heronya america di dunia...

Anonim mengatakan...
on 

Bener juga ya, coba bandingin Gatotkaca ama Iron Man, sama persis ciri-cirinya loh.
1. Terbang
2. Otot kawat tulang besi
3. Didadanya ada sinar (dilambangkan bintang)
4. Bisa ngeluarin senjata energy dari tangannya
5. Pake helm
6. Kotang Antrakusuma / Basumantra
7. Pas mati kena panah Karna, jatuh ke bumi nimpa orang sampe mati
8. Bisa nyelam (GK pernah perang ama siapa tuh yg di laut lupa gw)
9. dll lah...

Baju Hitam mengatakan...
on 

khayalannya mirip serita Gransazer

Ummu Asiyah mengatakan...
on 

Krakatau Steel Peduli Masyarakat

Ummu Asiyah mengatakan...
on 

Krakatau Steel Peduli Masyarakat

henry mengatakan...
on 

Robot kok punya anak...hihi

henry mengatakan...
on 

Robot kok punya anak...hihi

Poskan Komentar

 

Readers

Facebook Reader

Check PageRank
Add to Technorati Favorites


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?