Komisi Gratis | Bisnis Online Tanpa Modal

Helm Dan Sedikit Sejarahnya

Pada Zaman sekarang siapa sih yang tidak tahu akan Helm, pelindung kepala yang wajib dikenakan oleh pengendara Sepeda Motor. Bentuk, warna dan bahan Helm sangatlah bervariasi dan bahkan pada merk-merk tertentu Ukuran dan bentuk Helm di desain khusus agar udara bisa bersirkulasi dan aero dinamis.

Helm mempunyai sejarah yang cukup panjang kemunculannya telah lahir dan dikenal sejak zaman Yunani Kuno. Pada zaman ini helm merupakan bagian dari teknologi perang yaitu sebagai pelengkap dari Baju Zirah (baju besi) yang wajib dikenakan oleh para prajurit sebagai perlengkapan perang. Pada masa tersebut helm mempunyai peranan yang sangat penting untuk melindungi kepala penggunanya dari ancaman senjata-senjata musuh. Maka penggunaan helm-pun terus berkembang luas.Pada Zaman Yunani Kuno Helm dianggap sebagai pelindung kepala paling efektif karena dapat melindungi kepala dari tebasan senjata lawan ataupun dari lesatan anak panah musuh.

Pada perkembangan selanjutnya helm digunakan bukan saja sebagai pelindung dari tebasan pedang musuh atau lesatan anak panah, namun juga penggunaan helm dapat melindungi penggunanya dari bidikan peluru berkecepatan rendah (contohnya dari senapan awal seperti Senapan Arquebus). Oleh sebab itu perkembangan helm terus mengalami kemajuan dari mulai Zaman Romawi Klasik, Abad Pertengahan hingga akhir Abad-17, keberadaan helm sebagai perlengkapan pakaian perang terus berkembang secara luas, baik di Eropa bahkan sampai ke Jepang. Namun sayangnya perkembangan helm tidak sebanding dengan perkembangan senjata api yang sangat cepat melebihi inovasi pada helm. Dengan kemampuan ilmu pengetahuan manusia yang menakjubkan, maka kecepatan peluru pun semakin tinggi. Akibatnya sejak tahun 1670 penggunaan helm mulai menurun karena dianggap tidak efektif lagi untuk melindungi penggunanya. Sampai akhirnya pada Abad-18, para Prajurit Infantri tidak ada lagi yang mengenakan helm sama sekali.

Namun ternyata riwayat helm tidak berakhir sampai di situ saja. Meski kecepatan peluru sudah tak terukur lagi, ternyata akhirnya banyak kalangan yang tetap memandang keberadaan helm sebagai pelindung yang efektif. Hal itu berdasarkan pemikiran bahwa semua tergantung dari teknologinya dan kualitas bahan yang digunakan. Akhirnya pada Era Napoleon Bonaparte, penggunaan helm kembali dikukuhkan bagi Prajurit Kavaleri.

Sejarah helm terus berlanjut hingga Perang Dunia I, pada perang ini penggunaan Artileri Berat sangat marak, dan helm pun mampu menunjukan fungsinya sebagai pelindung kepala yang cukup efektif. Helm menunjukkan fungsinya dalam mengurangi korban akibat Serpihan Bom atau Schrapnel. Pembuktian ini menjadikan helm kembali marak digunakan oleh militer sepanjang waktu kemudian. Hingga pecahnya Perang Dunia II sampai sekarang ini pun helm masih diwajibkan sebagai peralatan standar bagi prajurit. Bahkan pada Perang Dunia II Inovasi Helm Militer dilakukan oleh Nazi Jerman pada bahan dan desain sebagai satu langkah melindungi para prajuritnya.

Sejalan dengan berkembangnya waktu dan teknologi manusia, helm terus berevolusi dan terus berkembang. Dari sisi aktivitas helm tak lagi hanya dibutuhkan untuk keperluan standar prajurit dan untuk keperluan perang, tapi juga dikenakan dan digunakan untuk aktivitas-aktivitas sipil seperti olahraga, pertambangan, berkendara atau kegiatan beresiko lainnya. Dari sisi bahan, bentuk, teknologi dan modelnya, helm juga terus berubah dan mengalami kemajuan. Sekarang ini helm banyak dibuat dari bahan yang lebih bervariasi selain besi yaitu metal ringan atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau bahkan plastik yang kuat.

Di Negara tercinta kita ini pun pastinya kita dapat merasakan kemajuan Inovasi dari helm ini khususnya bagi para pengguna kendaraan sepeda motor. Namun sayang sekali dari sekian banyak pengguna Helm di Negara kita, hampir 70% memakai helm bukan karena alasan keselamatan, namun mereka memakai helm dengan alasan karena takut polisi dan takut ditilang………hadeuhhhhhhhhhhh...!!!!!....tak heran banyak pengguna helm memakai helm dengan asal-asalan asal nempel di kepala…….waduhhhh..!!!!......maka dengan ini saya menyatakan bahwa fungsi helm telah bergeser dari fungsi sebagai pelindung kepala sebagai alat keselamatan menjadi fungsi agar tidak ketangkep Polisi dan di Tilang…(hehehehehehe)


Sumber :
http://www.my-helm.com,
http://asal-usul-motivasi.blogspot.com


Comments :

0 Comment to “Helm Dan Sedikit Sejarahnya”

Posting Komentar

 

Readers

Facebook Reader

Check PageRank
Add to Technorati Favorites


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?